Bagaimana mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan hasil belajar? Guru sebaiknya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berikut RPP dengan materi Indeks Harga, dimana untuk materi sebagai bahan ajar telah ditulis sebelumnya di Kompasiana dengan judul  Indeks Harga; Bagaimana Menghitung Perubahan Harga.
Tujuan
Pada pertemuan kali ini guru meninjau materi dari kegiatan sebelumnya yaitu Fungsi Permintaan dan Penawaran yang dikaitkan dengan materi yang akan dibahas yaitu Indeks Harga; Bagaimana Menghitung Perubahan Harga. Tujuan Pembelajaran; Peserta didik dapat menjelaskan Konsep Indeks Harga, Menghitung Indeks Harga, dan Menganalisis hubungan Indeks Harga dengan perubahan harga.
 Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi, menanyakan materi sebelumnya dengan pertanyaan, apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran uang? bagaimana hubungan antara permintaan dan penawaran uang dengan tingkat harga?
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik, mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Sampaikan pada peserta didik bahwa kecenderungannya harga terus berubah, sehingga kita harus memilah dan memilih produk atau jasa yang menjadi prioritas.
Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru menyampaikan sumber belajar pendukung yang dapat digunakan oleh peserta didik. Guru menyampaikan arahan mengenai langkah-langkah pembelajaran yang akan digunakan yaitu Pembelajaran Berbasis Numerasi Memanfaatkan Media Sosial Kompasiana.
Kegiatan Inti
Peserta didik diminta mempelajari Materi Indeks Harga; Bagaimana Menghitung Perubahan Harga. Guru kemudian memberitahu beberapa artikel dan atau bahan ajar yang berkaitan dengan Indeks Harga seperti data harga pangan.
Guru kemudian menjelaskan materi Indeks Harga, dan melontarkan beberapa pertanyaan pemantik seperti apa yang dimaksud dengan Indeks Harga, kira-kira apa yang menarik dari materi Indeks Harga, dan apa yang belum mereka belum pahami terkait dengan Indeks Harga.
Selanjutnya; Guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), meminta mereka untuk mencari data harga-harga barang kebutuhan pokok dan membandingkannya dengan tahun yang lalu, kemudian meminta peserta didik menghitung Indeks Harga dengan berbagai metode. Guru melakukan pendampingan khusus kepada peserta didik yang kesulitan menyelesaikan tugas yang dikerjakan (Kebutuhan Belajar).