Mengetahui banyaknya peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan tentunya bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang akan berdampak pada kemajuan suatu negara. Diperlukan tingkat kesadaran untuk mau menerima kemajuan teknologi dari semua lapisan masyarakat, terutama tenaga pendidik dan pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Semoga semua manusia bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan sebaik-baiknya guna mendatangkan manfaat yang banyak bagi manusia itu sendiri maupun lingkungan sekitarnya.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam  dunia pendidikan, tujuan umum dari teknologi informasi dan komunikasi adalah agar peserta didik dapat memahami alat-alat teknologi informasi dan komunikasi secara lebih umum, termasuk komputer (literasi) dan literasi informasi, Artinya, siswa mengenal konsep-konsep teknologi informasi dan  komunikasi yang digunakan secara istilah. Selain pembelajaran siswa, TIK memegang peranan penting dalam pembelajaran khususnya bagi guru, terutama dalam penggunaan alat untuk  memperkaya keterampilan mengajarnya. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dapat dilihat pada keterampilan dan kompetensi, prasarana pembelajaran, sumber materi pembelajaran, alat  dan ruang pembelajaran, serta manajemen pembelajaran dan  sistem pendukung keputusan. Penulis menyimpulkan bahwa dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap perkembangan pendidikan di era pembelajaran saat ini tidak hanya sekedar membantu siswa dalam belajar saja, namun juga mempunyai peran yang sangat berpengaruh bagi guru terutama dalam menggunakan alat untuk  memperkaya  dan meningkatkan pengajarannya. keterampilan . kualitas produk dan layanan untuk mempercepat dan meningkatkan proses pembelajaran dan pengajaran, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran dan pengajaran serta kualitas dan produktivitas pendidikan di Indonesia.Berikut beberapa peran teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan :  Â
- Pembelajaran sebagai infrastrukturÂ
TIK memegang peranan penting sebagai sarana prasarana pembelajaran, dimana materi pembelajaran  tersedia dalam bentuk digital sehingga pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Siswa tidak harus tinggal belajar di tempat dan waktu yang telah ditentukan. Saat mereka senggang dan  berada di tempat umum, mereka tetap bisa belajar dengan gawainya.
- Sebagai sumber materi pendidikanÂ
Kini sumber bahan ajar bagi guru tidak hanya  dari buku saja. TIK juga dapat dijadikan sebagai sumber materi pembelajaran terkini. Ada banyak bahan belajar yang bisa didapat dari seluruh  dunia untuk menambah ilmu yang diperoleh.
- Sebagai sarana dan alat pembelajaranÂ
Papan tulis dan kapur sudah tidak digunakan lagi, namun proses belajar mengajar didukung oleh ICT. Sebagai sarana dan alat pengajaran, TIK menjadikan proses belajar mengajar lebih inovatif dan menyenangkan. Cara ini juga dikenal efektif karena lebih modern. Oleh karena itu, menjadi tugas pula para tenaga pengajar untuk mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mengajar sesuai dengan tren yang  berkembang. Siswa juga dapat mengenal ilmu pengetahuan alam secara lebih luas dan  mandiri.
- Sebagai  keterampilan dan kompetensiÂ
Pemanfaatan TIK harus proporsional. Artinya, teknologi informasi dan komunikasi dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, namun disesuaikan dengan bagiannya. Jangan sampai masyarakat yang berpendidikan perguruan tinggi memberikan TIK Â kepada masyarakat pedesaan yang rata-rata berpendidikan rendah.
- Â Sebagai sumber informasi penelitianÂ
Proses penelitian dalam dunia pendidikan menjadi lebih mudah dilaksanakan berkat  TIK sebagai sumber informasinya. Adanya teknologi informasi dan komunikasi juga berarti penelitian seseorang tersedia dan diketahui  orang lain. Hal ini berguna untuk menghindari penelitian  serupa.
- Â Sebagai alat konsultasiÂ
Internet banyak digunakan sebagai sarana konsultasi para ahli di bidang lain. Baik guru maupun siswa dapat memanfaatkannya untuk menunjang pembelajarannya langsung dari ahlinya tanpa  biaya yang mahal.Â
- Sebagai lingkungan belajar onlineÂ
Anda bisa belajar dimana saja, termasuk  online menggunakan internet. Banyaknya situs web, blog, forum atau program yang  tersedia secara online berarti bahwa siapa pun dapat belajar secara online. Misalnya saja  perpustakaan online, yaitu perpustakaan dalam format digital yang menggunakan internet sebagai wadahnya. Siapa pun dapat dengan mudah mengakses sumber informasi tanpa batasan jarak dan waktu. Dari forum-forum yang terbentuk di internet juga terdapat diskusi online yang memungkinkan siapa saja berdiskusi dan bertukar pendapat dengan para anggota forum tersebut.Â
- Â Untuk meningkatkan kualitas pembelajaranÂ
Misalnya pemanfaatan TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah pemanfaatan lingkungan belajar yang menarik dan kreatif. Misalnya penggunaan komputer, internet, video pendidikan, presentasi dan masih banyak lagi. Media merupakan bagian penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan menggunakan media yang berhubungan dengan ICT diharapkan siswa akan lebih mudah  memahami dan memperluas akses terhadap pembelajaran. . Selain itu  penggunaan media bagi guru dapat memudahkan penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI