Mohon tunggu...
M. Gilang Riyadi
M. Gilang Riyadi Mohon Tunggu... Penulis - Author

Movie review and fiction specialist | '95 | contact: gilangriy@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Kisah Tanah Jawa", Perjalanan Retrokognisi Memutus Teror Pocong Gundul

25 September 2023   22:22 Diperbarui: 27 September 2023   00:51 1157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deva Mahenra berperan sebagai Hao dalam film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul (2023). (Dok MD Pictures/IMDb via Kompas.com)

Membahas film horor lokal sepertinya tak akan pernah habis. Selalu saja di setiap minggunya ada judul baru yang tayang di layar lebar. 

Di tanggal 14 September misalnya, ada film berjudul Aku Tahu Kapan Kamu Mati 2lalu minggu depannya di tanggal 21 September rilis film horor Kisah Tanah Jawa. Sementara itu di Kamis nanti tanggal 28 September rilis juga film berjudul Di Ambang Kematian.

Ini baru film asli Indonesia saja, belum termasuk film luar seperti The Nun II dan A Haunting in Venice yang mana kedua film ini pun belum sempat saya tonton. Sebagai penonton pun pasti akan kebingungan menentukan mau yang mana mengingat cerita yang dihadirkan tampak bagus dan punya potensi.

Saya sendiri pada akhirnya memilih film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul garapan Awi Suryadi yang dibintangi oleh Deva Mahenra dan Della Dartyan. Sebelumnya pun saya sudah menonton kilasan trailernya sehingga penasaran juga dengan film ini. 

Belum lagi tahun 2019 pun film Kisah Tanah Jawa pernah diangkat menjadi serial dengan subjudul Merapi, meskipun memang sebenarnya tidak ada keterkaitan satu sama lain.

Maka dari itu di tulisan kali ini saya akan mencoba mengulas film ini seperti biasa mulai dari sinopsis hingga analisisnya secara lebih detail. Yuk langsung check this out.

SINOPSIS

Hao (Deva Mahenra) memiliki sebuah kelebihan kekuatan berupa retrokognisi, yaitu bisa menjelajah masa lalu dan merasuk ke tubuh seseorang. Namun ia sama sekali tak bisa melakukan apapun di sana, sehingga hanya sekadar menjadi kilas balik bagi kisah seseorang.

Bersama rekannya, Rida (Della Dartyan), keduanya sering mengisi materi bagi mahasiswa. Di kesempatan itu pula Hao menjelaskan bahwa kekuatannya ini hanya digunakan untuk melihat sejarah saja.

Namun sepasang suami istri mendadak meminta bantuan pada Hao untuk menemukan putrinya yang masih sekolah bernama Sari. Gadis itu sudah hilang dua hari tanpa jejak. Menurut orangtuanya, hanya Hao lah yang bisa membantu.

Image by Dok MD Pictures via Tirto
Image by Dok MD Pictures via Tirto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun