Mohon tunggu...
Gilang Ramadan
Gilang Ramadan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mencoba mengembangkan minat dalam kepenulisan. Memiliki hobi fotografi dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Moral Pers Gambaran Hati Nurani Jurnalis

6 Oktober 2022   01:41 Diperbarui: 6 Oktober 2022   01:43 78 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Jurnalis adalah sebuah profesi yang memiliki berbagai peran dalam menegakan demokrasi dalam negara Indonesia. Jurnalis menjadi pilar penjaga demokrasi, ketika adanya ketidak beresan dalam suatu  negara, jurnalis akan menjadi pengingat untuk selalu mengingatkan kesalahan tersebut.

Jurnalis dalam prakteknya untuk menjadi penyadar kesalahan bangsa harus berlandaskan etika jurnalisme. Etika dapat kita artikan sebagai pedoman-pedoman yang dipahami seseorang. Dalam pers, seorang jurnalis harus memegang etika-etika pers dalam membuat suatu pemberitaan. Etika pers lah yang menggambarkan moral seorang jurnalis dalam melaksanakan tugasnya.

Etika pers yang diterapkan oleh seorang jurnalis akan membawa dia kepada penghayatan. Penghayatan yang menjadi dasar jurnalis untuk menilai suatu hal dan membuatnya menjadi sebuah berita dengan berimbang. Penghayatan yang ada pada jurnalis ini adalah hasil dari hati nurani seorang jurnalis.

Hati nurani jurnalis  yang baik adalah hati nurani yang berlandaskan etika pers. Dalam etika pers sendiri jurnalis harus melakukan pembuatan berita sesuai dengan pedoman yang ada. Pedoman-pedoman dalam pers merupakan bentuk moral pers. Dari adanya moral pers tersebut berita yang dihasilkan akan berlandaskan hati nurani.

Jika sebuah pemberitaan tidak sesuai hati nurani yang sebenarnya, dapat dikatakan pemberitaan tersebut adalah pemeberitaan yang tidak berpihak kepada  kebenaran dan keadilan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan