Mohon tunggu...
Gigih Prayitno
Gigih Prayitno Mohon Tunggu... Penulis

Menjadi manusia bebas

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Arah Baru Politik Risma, Satu Langkah Lebih Dekat ke Pilgub DKI Jakarta

21 Agustus 2019   14:31 Diperbarui: 21 Agustus 2019   14:53 356 3 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Arah Baru Politik Risma, Satu Langkah Lebih Dekat ke Pilgub DKI Jakarta
Risma dan Megawati | Antara Foto/Aprillio Akbar

Tri Risma Harini atau yang sering dikenal akrab dengan sebutan Risma sepertinya sudah dipertimbangkan karir politiknya baik oleh dirinya maupun dari partai yang membesarkan namanya PDI-Perjuangan.

Saat ini Risma menjabat sebagai wali kota Surabaya dua periode berturut-turut, sejak tahun 2010 Risma melalui tangan dinginnya berhasil mengubah kota Surabaya menjadi lebih tertata dan sejahtera.

Hal ini terlihat dari banyaknya penghargaan yang diterima oleh Risma dan Surabaya baik dalam skala nasional maupun internasional. Sejumlah penghargaan bergengsi tersebut seperti Online Populer City Guangzhou International Awards, Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018, Adipura Kencana, Nirwasita Tantra, Kinerja Pengurangan Sampah hingga Sekolah Adiwiyata.

Sudah hampir selama 10 tahun Risma meniti karir politiknya sebagai wali kota Surabaya, ini berarti pada tahun 2020 mendatang karis politik Risma "naik kelas" ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Pada tanggal 10 Agustus 2019 yang lalu, Risma ditunjuk oleh Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri masuk ke dalam jajaran kepengurusan PDIP pusat pada Kongres ke-V PDIP di Hotel Grand Inna Beach, Sanur, Bali.

Meskipun Risma tak hadir dalam dalam kongres PDI-Perjuangan tersebut, Megawati mengumumkan menunjuk Risma menjadi Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDI Perjuangan pada periode kepengurusan 2019-2024.

Sepertinya Megawati sedang mempersiapkan Risma untuk maju dalam gelanggang baru politiknya usai pekerjaannya sebagai walikota Surabaya berakhir pada tahun depan.

Ada tiga kemungkinan, kemana langkah politis yang akan diambil oleh Risma yakni Menteri Jokowi, Pilgub Jakarta hingga kontestasi Pilpres 2024 mendatang, melihat Jokowi tidak akan bisa mencalonkan kembali karena sudah memimpin dalam dua periode, maka salah satu kandidat terkuat adalah Tri Risma Harini.

Meskipun di bawah naungan PDI-Perjuangan, namun Risma memiliki integritas tersendiri yang tidak serta merta "manut" dengan Megawati selaku Ketua Umum PDIP.

Meskipun Mega sendiri yang mengusung Risma pada Pilkada Surabaya 2010 yang lalu, namun beberapa kali Risma menolak tawaran dari Risma, hal ini karena niat dan tanggungjawabnya sebagai walikota Surabaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN