Mohon tunggu...
Geno
Geno Mohon Tunggu... Pengembara Cerita

Seorang pejalan biasa di lorong-lorong kata, peramu makna dari serpihan realitas. Aku bukan siapa-siapa, hanya seorang yang mencatat detik-detik kehidupan. Kata-kata adalah perahuku, menyeberangi arus waktu, menelusuri riak-riak kisah yang sering terlewatkan. Aku menulis bukan untuk dikenang, tetapi agar ingatan tidak lenyap begitu saja bersama senja. Dari kota kecil, aku mengamati dunia. Dari hal-hal sepele, aku belajar memahami yang besar. Aku percaya, setiap cerita layak didengar, dan setiap detak jantung kehidupan punya artinya sendiri. Bukan penguasa kata, bukan juga penyair megah. Hanya orang biasa yang menemukan kebebasan dalam merangkai kalimat, mengukir jejak dalam sunyi, berharap ada yang membaca dan merasa tidak sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Balap

Honda RA272: Mobil F1 Pertama Jepang yang Menorehkan Sejarah di Formula 1

3 Mei 2025   20:14 Diperbarui: 3 Mei 2025   20:14 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Honda RA272 adalah mobil Formula 1 yang dirancang oleh Yoshio Nakamura dan Shoichi Sano untuk musim balap Formula 1 tahun 1965. Mobil ini merupakan penyempurnaan dari pendahulunya, RA271, yang telah berlaga di musim 1964.

RA272 mencatatkan sejarah sebagai mobil Jepang pertama yang memenangkan balapan Formula 1, dengan meraih kemenangan di Grand Prix Meksiko 1965 setelah memimpin setiap lap dengan pembalap Richie Ginther. Kemenangan bersejarah ini terjadi pada balapan terakhir musim 1965, yang juga merupakan balapan terakhir untuk era mesin 1,5 liter di Formula 1.

Mesin Revolusioner

Keistimewaan RA272 terletak pada mesin V12 1,5 liternya yang secara teknis sangat maju untuk zamannya, dinamakan RA272E. Mesin ini menjadi yang terkuat di Formula 1 saat itu. Mesin V12 berkapasitas 1.495 cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga 230 horsepower dan berbobot hanya 215 kg.

Yang menarik, mesin ini dipasang secara horizontal (melintang) di bagian tengah mobil - sebuah konfigurasi yang tidak lazim untuk mobil Formula 1. Suara yang dihasilkan mesin V12 ini sangat khas dan memukau, menjadikannya salah satu mobil balap dengan suara paling mengesankan sepanjang sejarah.

Pembalap Andal

Untuk musim 1965, Honda menunjuk dua pembalap Amerika, yakni Ronnie Bucknum yang melanjutkan tugas dari musim sebelumnya, dan pendatang baru Richie Ginther. Ginther dikenal memiliki kemampuan sebagai pengembang mobil yang sangat baik, selain keahliannya sebagai pembalap.

Jalan Menuju Kemenangan

Perjalanan RA272 di musim 1965 tidaklah mulus. Tim mengalami berbagai masalah reliabilitas di beberapa seri awal. Namun, Ginther berhasil mengkualifikasi mobil di posisi ketiga untuk Grand Prix Meksiko, sementara Bucknum ada di posisi ke-10.

Sirkuit tempat Grand Prix Meksiko berlangsung berada pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Kondisi tekanan udara rendah biasanya menyulitkan mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal. Namun, Yoshio Nakamura, mantan insinyur pesawat dan pemimpin tim F1 Honda, memastikan mesin RA272 akan berfungsi optimal di ketinggian, memberikan keunggulan dibanding rivalnya.

Momen Bersejarah

Pada Grand Prix Meksiko 1965, Ginther berhasil memimpin seluruh 65 lap balapan dan memenangkan balapan tersebut, mengalahkan Dan Gurney di posisi kedua. Bucknum finis di posisi kelima, menghasilkan poin ganda untuk tim. Ini menjadi momen bersejarah sebagai kemenangan Grand Prix pertama untuk mobil, mesin, dan tim Jepang.

Setelah balapan, manajer tim Yoshio Nakamura mengirimkan pesan "Veni, vidi, vici" (Saya datang, saya lihat, saya menang) ke markas Honda di Tokyo. Telegram ini menjadi salah satu yang paling terkenal dalam sejarah motorsport Jepang.

Warisan yang Tak Terlupakan

Kemenangan RA272 menjadi yang pertama dari 89 kemenangan Formula 1 untuk mobil-mobil bertenaga Honda. Sekarang, RA272 menjadi salah satu harta karun terpenting dalam koleksi Honda, setara dengan 787B pemenang Le Mans bagi Mazda - mobil yang tidak tergantikan.

Pengaruh RA272 juga merambah ke dunia video game, muncul dalam game Formula One Championship Edition dan Gran Turismo 7. Mobil ini juga menjadi inspirasi desain untuk kart B Dasher dalam seri Mario Kart.

RA272 bukan hanya sekedar mobil balap. Ia adalah bukti keberanian Honda memasuki arena balap internasional dan tekad mereka untuk berinovasi. Sebagai mobil Jepang pertama yang memenangi Grand Prix F1, RA272 memiliki tempat istimewa dalam sejarah motorsport dunia dan motorsport Jepang khususnya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun