Mohon tunggu...
gerry katon
gerry katon Mohon Tunggu... Dosen - UNISA Yogyakarta - Pengajar dan Pemerhati

Hidup Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Agar KKN-mu Sukses dan Berkesan

9 Agustus 2022   15:22 Diperbarui: 9 Agustus 2022   15:47 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gerry Katon Mahendra, MIP

Laboratorium Administrasi Publik UNISA Yogyakarta

Jelang semester akhir perkuliahan, mahasiswa (terutama mahasiswa strata 1 (S1)) akan dihadapkan dengan berbagai agenda kampus yang beragam dan menantang. Mulai dari mengejar target bebas teori perkuliahan, menuntaskan tanggung jawab organisasi, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), menuntaskan tugas akhir skripsi, hingga memikirkan tunggakan biaya kuliah. 

Diantara berbagai agenda tersebut, KKN menjadi salah satu agenda yang menarik karena dalam kegiatan KKN mahasiswa secara perlahan akan dihadapkan dengan dinamika dunia nyata. Meskipun hanya dalam rentang waktu pelaksanaan 30-40 hari, nyatanya kegiatan KKN seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa mahasiswa. 

Bagaimana tidak, selama 40 hari mahasiswa akan bertemu dengan teman baru dan wajib untuk saling berkoordinasi, tinggal di tempat baru, berinteraksi dengan orang-orang baru, melaksanakan berbagai program, hingga harus menyelesaikan segala hal secara mandiri.

Bagi Sebagian mahasiswa yang terbiasa membaur dengan masyarakat mungkin hal ini akan tampak biasa seperti kehidupan sehari-hari, namun bagi sebagian mahasiswa yang lain bisa jadi proses tersebut merupakan hal baru yang belum dapat direncanakan dan diatasi dengan baik. 

Oleh karena itu, artikel kali ini akan mencoba memberikan tips dan gambaran secara umum mengenai hal-hal apa saja yang harus kamu siapkan dalam persiapan dan tahapan pelaksanaan agar KKN yang kamu lakukan dapat berjalan lancar, sukses dan berkesan.  Adapun tips dan gambarannya adalah sebagai berikut :

Pastikan kamu terdaftar sebagai mahasiswa KKN periode tersebut : KKN umumnya masuk pada struktur semester 7 untuk program S1, dimana pelaksanaannya pada rentang bulan Juli-Agustus. 

Dalam hal ini, mahasiswa harus ingat dan paham status semesternya dan minimal SKS yang sudah ditempuh serta segera mendaftar ketika sudah akan memasuki semester 7. Pendaftaran umumnya akan dikoordinasikan oleh program studi dan lembaga pengabdian pada masing-masing kampus. 

Mahasiswa juga wajib mencari info terbaru dan giat bergerak agar tidak tertinggal info-info penting yang terkait. Pendaftaran ini bersifat wajib, sehingga bagi mahasiswa yang tidak mendaftar maka tidak akan bisa mengikuti KKN pada periode tersebut dan harus mengikutinya ketika kesempatan dibuka lagi pada tahun yang akan datang. Tentu hal tersebut sangat merugikan karena akan menambah masa studi dan biaya kuliah mahasiswa.

Siap menerima siapapun anggota kelompok dan akrab-lah dengan mereka : Sudah menjadi ketentuan umum bahwa KKN tiap lokasi akan dilaksanakan secara berkelompok. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan