Mohon tunggu...
Media

Melihat Masa Depan Jurnalisme

20 Februari 2019   01:45 Diperbarui: 20 Februari 2019   01:57 0 0 0 Mohon Tunggu...
Melihat Masa Depan Jurnalisme
Portal Web Online Detik.com

Perkembangan teknologi yang semakin maju berdampak pula pada Jurnalisme, dimana pada saat ini jurnalisme lebih mudah untuk mencari informasi dan menyebarkan informasi. Tidak seperti masa lalu dimana media hanya berkonsentrasi pada satu jenis media saja, namun sekarang sudah menggunakan berbagai jenis media. Sekarang pun muncu berbagai media online yang membuat masyarakat mudah untuk mencari informasi, dan memudahkan wartawan juga. 

Yuk kita cari tahu kayak gimana sih jurnalisme di masa depan itu?

Adanya perubahan dalam jurnalisme, yaitu:

1. Perubahan dalam jurnalisme, dari yang berurutan, sekarang semua proses menjadi satu 

2. News diamond jurnalisme adalah proses yang iterative atau berulang 

3. Distributed jurnalism, tidak hanya membuat berita, namun juga membentuk komunitas

ketiga perubahan tersebut menandakan bahwa jurnalisme di masa sekarang sudah mengalami kemajuan yang pesat, jurnalisme bukan lagi dituntut untuk selalu membuat berita namun juga membentuk jaringan dan berinteraksi dengan masyarakat. 

The Realtime Web
Media sekarang menggunakan media website dalam menyebarkan beritanya, selain dapat di perbaharui secara cepat, website ini juga membuat masyarakat mudah untuk mencari informasi, apalagi sekarang ditunjang dengan perangkat smartphone yang semakin canggih. Interaktifitas menjadi senjata bagi media online untuk menjaring pembaca, karena pembaca dapat berinteraksi dengan mudah juga.

Adanya interaktifitas melalui kolom komentar. Detik.com
Adanya interaktifitas melalui kolom komentar. Detik.com
Big Data
Media sekarang mempunyai basis data yang besar, hal ini dilakukan karena media telah  mengumpulkan semua data-data yang kredibel dan data-data pendukung lainnya, hal ini bertujuan agar media mudah dalam mencari dan mengolah informasi yang ada.

Intelegent Devices

Jurnalisme dimasa depan menggunakan bantuan Intelegent devices agar para pembacanya dapat merasakan langsung bagaimana sebuah peristiwa itu terjadi. Virtual Reality membantu memvisualisasikan suatu peristiwa dengan cara yang berbeda, hal ini dapat menjadi kelebihan dari jurnalisme di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x