Mohon tunggu...
Olahraga

Bisakah Semua Orang Berlari Maraton?

26 Oktober 2017   04:30 Diperbarui: 26 Oktober 2017   05:24 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bisakah Semua Orang Berlari Maraton?
lari-jarak-jauh-59f10213c226f90b904ff8f2.jpg

Hai pembaca setia kompasiana, bertemu lagi dengan saya pada artikel ketiga saya ini. Kali ini, kita akan membahas mengenai kemampuan berlari orang normal yang dianggap memiliki potensi yang sama untuk berlari seperti pelari maraton.

Sebelum itu karena untuk menjawab pertanyaan kali ini kita akan membahas terutama mengenai jaringan oror lurik dan otot jantung, mari kita mempelajari mengenai jaringan otot itu sendiri.

Struktur jaringan otot mempunyai kemampuan berkontraksi untuk melakukan gerakan. Jaringan otot harus melakukan gerakan mekanis, maka diperlukan banyak pembuluh kapiler darah untuk memberikan nutrisi dan oksigen. Jaringan otot tersusun dari sel -- sel atau serat -- serat otot yang tergabung dalam berkas -- berkas. Jaringan otot dibedakan menjadi tiga macam, yaitu jaringan otot polos, jaringan otot rangka, dan jaringan otot jantung.

Jaringan Otot Polos

Otot polos merupakan otot involunter (otot tak sadar) karena gerakannya tidak menuruti perintah yang diinginkan. Jaringan otot polos terdapat pada dubdubg oembuluh darah, pembuluh limfa, saluran pernapasan, saluran reproduksi, dan saluran pencernaan makanan khususnya yang membuat gerakan peristaltik. Reaksi otot polos terhadap rangsangan lambat dan inti sel berada di tengah sel dengan jumlah satu inti di setiap sel.

Jaringan Otot Lurik

Otot lurik sering disebut juga otot rangka karena melekat pada tulang rangka. Jaringan otot rangka berwarna merah muda karena mengandung pigmen di dalam serat -- seratnya dan memiliki banyak pembuluh darah. Otot lurik merupakan otot volunter (otot sadar) yang bekerja di bawah pengaruh saraf sadar. Otot lurik cepat bereaksi terheadap rangsangan sehingga cepat lelah. Otot lurik ini terletak pada jaringan otot yang menempel pada tulang -- tulang apendikuler atau tulang gerak aktif. Contoh dari tulang apendikuler adalah humerus(lengan atas) dan patella (lutut). Inti sel pada otot lurik terdapat di pinggir sel dan berjumlah banyak.

Jaringan Otot Jantung

Otot jantung hanya terdapat di jantung sehingga disebut otot jantung. Sel otot jantung berbentuk silindris dengan ujung bercabang dua atau lebih. Otot jantung berkontraksi cukup kuat, secara ritmis dan otomatis sekitar 72 kali per menit. Otot jantung merupakan otot involunter (otot tak sadar) yang dikendalikan oleh saraf otonom baik saraf simpatik yang mempercepat denyut jantung maupun saraf parasimpatik yang memperlambat denyut jantung. Otot jantung bereaksi lambat terhadap rangsangan dan ini sel berada di tengah sel dengan jumlah satu atau dua.

Sekarang kita sudah mengenal lebih dekat mengenai jaringan otot yang terdapat dalam tubuh kita. Maka dari itu, mari kita kembali ke topik utama kita yaitu mengenai kemampuan orang yang normal untuk berlari maraton dengan baik sama seperti kemampuan pelari maraton. Orang yang dianggap normal di sini adalah orang yang memiliki anggota tubuh lengkap. Untuk lebih jelas lagi, orang yang obesitas tetap dianggap sebagai orang yang normal.

Lari maraton adalah sesuatu yang membutuhkan tenaga serta perjuangan yang besar. Tahukah pembaca sekalian bahwa dalam sekali perlombaan maraton seorang pelari maraton dapat melangkah hingga lebih dari 30.000 kali, sedangkan dalam tiap langkah tersebut mereka harus menahan beban 1,5 hingga 3 kali lipat beban diri mereka? Berlari maraton bukan hal yang mudah dan dibutuhkan sebuah persiapan yang matang serta beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi kemampuan atau performa seseorang untuk berlari maraton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3