Mohon tunggu...
Geby Tambunan
Geby Tambunan Mohon Tunggu... Lainnya - Strategic Communication Student

Thank you for visiting.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Refleksi Mengikuti Kelas Penulisan Naskah Digital (PND)

17 Desember 2020   01:24 Diperbarui: 17 Desember 2020   03:03 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulisan Naskah Digital (PND) merupakan salah satu mata kuliah yang ditawarkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta kepada mahasiwanya, baik mahasiswa strategis maupun media. Strategis dan media merupakan dua penjuruan yang nantinya akan dipilih oleh mahasiswa ketika mereka berada di semester 5.

Mata kuliah ini banyak diminati dari kedua penjurusan tersebut, baik strategis maupun media. Pasalnya, mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang penting bagi mahasiswa ilmu komunikasi.

Banyak orang mengira bahwa menulis digital merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, karena sebatas memposting apa yang kita pikirkan padahal nyatanya tidak semudah itu. Ada banyak hal-hal penting yang harus diketahui tentang menulis digital.

Saya mengatakan ini karena berkaca dari pengalaman saya sendiri, dimana saya pikir ketika kita menulis sesuatu di dunia digital, kita bebas menulis apapun, asalkan tidak melanggar UU ITE yang ada, tetapi selama saya mengikuti kelas penulisan naskah digital ini ada banyak hal yang tidak saya ketahui selama ini.

Bagaimana memaksimalkan SEO dan SEM misalnya, saya selama ini tau SEO dan SEM tetapi hanya sebatas tau saja, tidak tau detail apa itu. Ketika kita ingin tulisan kita atau produk kita tampil di urutan atas mesin pencarian, ada cara-cara tertentu yang dapat kita lakukan inilah fungisnya SEO dan SEM.

Ada banyak materi lain seperti misalnya penulisan press release, membuat surat pembaca dan penulisan opini. Berkat salah satu tugas penulisan opini saya yang diberikan, saya sendiri tidak menyangka ternyata saya dihubungi oleh pihak Tim Editor Kompas.id karena mereka ingin mecantumkan opini saya di kolom opini mereka.

Saya sendiri saat itu membahas terkait K-Pop di media sosial, tetapi memang belum di uploud oleh pihak Kompas.id karena saya masih melengkapi data yang dibutuhkan agar opini saya maximal, dan secara tidak langsung ini juga menambah relasi saya karena jatuhnya saya seperti konsul karena ada revisi-revisi, serta menambah insight tentang bagaimana harusnya kita dalam menulis.

Itu terkait materi kuliah yang diberikan, salah satu juga yang saya rasakan hal positifnya adalah tugas yang setiap minggu wajib di uploud di Kompasiana. Dari sini saya dituntut untuk bisa produktif dan memikirkan apa yang akan saya uploud kedepannya dan apa yang akan saya bahas 

Walaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring, perkuliahan tetap berjalan dengan baik, materi yang disampaikan oleh dosen yang mengampu mata kuliah ini juga berhasil diterima oleh mahasiswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun