Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

PON XX Papua: Momentum Menkominfo Johnny Plate Promosikan UMKM Papua

4 Oktober 2021   13:06 Diperbarui: 4 Oktober 2021   18:47 142 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Indonesiatech.id

Bagi Menkominfo Johnny G Plate, PON XX bukan sekadar momen penting olahraga nasional, melainkan juga sebagai momentum untuk lebih mengenalkan Papua dengan segala ragam keunikannya.

"PON adalah etalase Papua dan Indonesia di lingkungan global. Kita bisa menyampaikan pada dunia bahwa kita bisa menyelenggarakan pesta olahraga di tengah pandemi dengan tetap mentaati protokol kesehatan," kata Johnny.

Untuk itu, dalam menyambut pelaksanaan PON XX Papua, Kemkominfo telah membangun rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut yang terdapat di kedalaman 4000 meter di sebelah Utara Jayapura.

Kementerian yang dipimpin oleh Johnny Plate inipun telah Media Center Kominfo PON Papua di tiga klaster untuk peliputan. Ketiganya ialah klaster Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Selain itu, Kemkominko juga menyediakan microsite infopublik.id/ponpapua yang berisikan informasi terkait penyelenggaraan PON dan Papua secara umum. Konten-konten berupa berita hard news, berita feature, berita foto dan video di microsite www.infopublik.id/ponpapua bisa diakses awak media.

PON XX Papua: Momentum bagi UMKM

Bagi Kemkominfo yang merupakan salah satu anggota Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI) penyelenggaraan PON XX Papua 2021 merupakan ajang yang sangat tepat untuk memberikan panggung bagi produk UMKM lokal.

Karenanya penyelenggaraan PON XX, harus mampu memunculkan dan mengoptimalkan UMKM lokal unggulan Papua agar dapat berjaya di dalam negeri, serta siap bersaing di pasar ekspor. Untuk itu, Kemkominfo seharusnya mendorong digitalisasi pelaku UMKM Papua.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki Smesco yang merupakan lembaga resmi pemerintah yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah.

Smesco Indonesia sendiri sedang membangun ekosistem transformasi UKM masa depan, salah satunya Smesco Hub Timur yang tentu diharapkan dapat menjadi solusi logistik UMKM di Papua, dukungan ekspor, pembiayaan, dan bentuk pendampingan lainnya. 

Maka tidak berlebihan bila Menkominfo Johnny Plate menjadikan PON XX Papua 2021 sebagai momentum bagi pelaku UMKM Papua untuk terhubung ke banyak akses usaha seperti pembiayaan, bahan baku, pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan