Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens..

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

10 Lagu Keren Bertema Nasionalisme Ini Layak Warnai HUT Kemerdekaan RI

14 Agustus 2019   21:39 Diperbarui: 14 Agustus 2019   21:44 0 2 2 Mohon Tunggu...
10 Lagu Keren Bertema Nasionalisme Ini Layak Warnai HUT Kemerdekaan RI
ilustrasi (sumber: Kompas.com)

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 (HUT RI) tinggal sebentar lagi. Seluruh penjuru negeri telah dipenuhi dengan atribut berwarna merah dan putih. Bendera sudah pasti, umbul-umbul berwarna sama pun tak haram menjadi opsi. Kerlip lampu hias memikat hati. Semuanya semarak, semuanya merayakan dengan penuh ekspresi.

Tak terkecuali para musisi kita yang membuat lagu-lagu bertema cinta terhadap negeri. Sebagai warga negara Indonesia, kita semua sudah hafal dengan lagu wajib kebangsaan "Indonesia Raya" yang digubah sang maestro musik Wage Rudolf Supratman.

Beberapa lagu lain juga wajib kita ketahui, antara lain "Berkibarlah Benderaku" karya Saridjah Niung Bintang Soedibjo atau Ibu Soed, "Bagimu Negeri" gubahan Kusbini, "Satu Nusa Satu Bangsa" yang ditulis oleh Liberty Manik atau L.Manik, lalu "Rayuan Pulau Kelapa" karya Ismail Marzuki, dan "Dari Sabang Sampai Merauke" yang diciptakan oleh R. Soerardjo.

Masih banyak lagu-lagu wajib nasional lainnya yang mungkin banyak dari kita sudah hafal di luar kepala. Kita menghafalkannya dulu ketika masih belia. Bapak dan ibu guru sekolah kita memperkenalkan lagu-lagu itu. Jadi jasa mereka jangan dilupa.

Lagu-lagu di atas digubah oleh musisi wahid di masa lalu, ketika Indonesia belum lama meraih kemerdekaan. Di masa kini, sejumlah musisi juga berbuat hal yang sama. Mereka berkreasi membuat lagu yang mengandung rasa cinta dan bangga sebagai anak bangsa. Melodinya mengikuti jaman alias kekinian, namun semangat yang diusung tidak berbeda.

Misalnya lagu "Bendera" dari Cokelat yang bergema di mana-mana setiap tahunnya sejak lagu itu digubah di tahun 2001 lalu. Tempat mana yang tidak memutar lagu itu menjelang peringatan HUT RI. Rasanya kita sering mendengarkan lagu itu, tetapi tidak jua bosan mendengarkannya.

Lagu "Garuda di Dadaku" oleh band NTRL juga tak kalah terkenal. Kita kerap mendengarnya di banyak tempat ketika perayaan HUT RI tiba. Tidak hanya pada momen itu, lagu ini juga terdengar di pekan sejumlah pekan olahraga internasional, misalnya SEA Games, atau ASIAN Games di Jakarta yang baru lalu.

Lagu-lagu bertema cinta negeri pembangkit nasionalisme kekinian ternyata tidak satu atau dua. Ternyata ada banyak, sodara-sodara... Tulisan ini mencoba menghimpun beberapa diantaranya. Tidak banyak juga, cukup sepuluh saja.

Satu hal, daftar ini memuat hanya lagu-lagu asli, bukan lagu-lagu lama yang dibawakan kembali (di-cover) atau pun diaransemen ulang. Lagu-lagu yang diulas dalam tulisan ini bisa menjadi playlist pribadi di sepanjang tanggal 17 Agustus nanti. Semuanya keren, semuanya mengandung lirik yang nancep di hati.

Apa saja lagu-lagu itu, let's check it out. (catatan: daftar lagu sesuai abjad)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
KONTEN MENARIK LAINNYA
x