Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens.. = Selalu patuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Salam sehat selalu! =

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berapakah Nilai Saldo Rekening Anda Hari Ini?

30 November 2018   21:38 Diperbarui: 30 November 2018   22:11 625 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berapakah Nilai Saldo Rekening Anda Hari Ini?
sumber gambar: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/21/074500626/cegah-skimming-bni-periksa-ulang-seluruh-mesin-atm

Ketika ke Anjungan Tunai Mandiri atau ATM, sering ada nasabah yang teledor membiarkan kertas struk transaksi perbankan baik penarikan uang, transfer ataupun cek saldo. Nah, untuk yang terakhir ini lumayan sering saya temui tergeletak di atas mesin ATM ataupun tercecer di lantai. Padahal tempat sampah disediakan oleh pihak bank.

Tetapi kadangkala tempat sampah penuh sehingga kertas struk berceceran di lantai. Sering saya tertarik melihat struk-struk itu tanpa memegang kertasnya sama sekali. Ada yang saldonya sebelas dua belas dengan saya kala akhir bulan (#gajinumpanglewat), tapi ada yang lebih ngenes dari saya (#kasihanamatsemogadapatrejekiyanglebihbaik).

Ada yang sedang-sedang saja dengan angka tujuh digit, tapi ada juga yang luar biasa dengan angka delapan atau sembilan digit (#horangkayatajirmelintir). Ada juga bukti transfer sekian puluh juta rupiah yang tergeletak di atas ATM dengan nilai yang cukup besar. Dalam hati saya, wah nilai transfer saja bisa segitu banyaknya, bagaimana dengan saldonya ya? (#penginsaldobesarkayakdia)

Hari ini adalah akhir November 2018. Umumnya karyawan sudah gajian tanggal 25. Tetapi karena tanggal 25 November tahun ini jatuh di hari Minggu, maka gajian mundur sedikit di tanggal 26. Bila rekening karyawan berbeda dengan rekening perusahaan, biasanya selisih satu hari atau tanggal 27 nilai saldo di rekening karyawan sudah berubah.

Oh ya, mungkin ada sebagian karyawan yang telah menerima Tunjangan Hari Raya atau THR dari kantor menjelang Natal, dipastikan angka saldo di rekening mereka bertambah dua kali lipat. Selamat ya.. Berapapun nilainya, tetaplah selalu bersyukur kepada Tuhan agar membawa keberkahan. Kelola dengan baik rejeki yang telah diterima, jangan sampai boros atau kalap berbelanja untuk keperluan sehari-hari dan juga Hari Raya.

Lho, kok saya jadi memberi nasehat seperti seorang financial planner ya? Penggunaan uang Anda ya terserah Anda saja. Tapi apa yang saya sarankan itu benar kan? Baiklah, saya akan melanjutkan sharing saya.

Jadi begini, minggu lalu ketika saya ke ATM, ada secarik struk dari ATM milik nasabah lain yang tergeletak di atas mesin ATM. Saldonya tinggal 20an ribu rupiah. Ngenes banget nggak sih?. Ini adalah nilai struk terendah yang pernah saya lihat di ruang ATM selama ini. Rekor sebelumnya sekitar 60an ribu rupiah.

Tapi, ketika melihat struk ATM milik nasabah yang ngenes itu mendadak mengingatkan saya dengan kondisi saya dulu banget sewaktu masih unyu-unyu, merantau sendiri ke luar kota dengan bekal satu ransel baju dan satu kotak berisi berkas-berkas dan buku-buku saya. Bahkan nasib orang itu mungkin lebih baik daripada saya. Lho, kok bisa? Padahal nilai saldonya kan hanya segitu.

Begini ceritanya. Suatu ketika kala kuliah di sebuah kota yang jauh sekali dari tempat tinggal saya di awal tahun 2000an, saya yang lagi lumayan bokek mampir ke ATM yang lokasinya lumayan jauh dari tempat kos saya. Saya yakin masih ada beberapa puluh ribu rupiah yang lumayan buat menyambung hidup. Dengan percaya diri saya mengantri bersama seorang teman saya. Waktu itu malam hari.

Ketika tiba giliran saya, masuklah saya ke ruang ATM yang sejuk. Kartu ATM seperti biasa saya masukkan. Nah, ketika waktunya harus mengisi PIN, astaga... Saya lupa PIN ATM saya. Saya coba memasukkan angka-angka yang saya ingat tetapi tidak berhasil.

Cukup lama saya di ATM memikirkan PIN saya. Saya harus berhati-hati karena jika salah PIN untuk kali ketiga maka resikonya kartu ATM saya tertelan mesin ATM. Tetapi tetap saja saya tidak dapat mengingatnya. Entah mengapa tiba-tiba saja memori saya akan PIN itu terselip di bagian paling gelap di otak saya sehingga saya tidak bisa me-retrieve-nya. Tapi rasanya tidak terselip, malah mungkin menguap dari otak saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN