Mohon tunggu...
Media

Apa Itu Social Media Marketing?

12 April 2016   10:21 Diperbarui: 12 April 2016   10:53 0 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Apa itu Media Sosial Marketing? Sumber: forbes.kz"][/caption]Media sosial merupakan salah satu contoh sebagai teknik pemasaran online yang banyak digemari oleh para internet marketers saat ini, alasan utamanya adalah karena biaya promosinya yang murah. Bahkan jika semuanya dikerjakan secara manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias gratis. Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tidak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah pengguna media sosial yang sudah terlampau banyak, membuatnya kini sebagai tempat yang paling tepat untuk melakukan promosi online.

Saat ini media sosial seperti Blog, Facebook, Twitter, Foursquare, dan sebagainya telah menjadi bagian yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat. Adapun selain untuk kebutuhan bersosialisasi dapat juga digunakan untuk penunjang bisnis. Media sosial menjadi salah satu strategi dalam aktivitas marketing. Sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak terlepas dari dampak baik serta buruk bagi penggunanya.

Pemasaran media sosial atau social media marketing merupakan bagian dari internet marketing. Ada pula yang disebut dengan web marketing yakni sebuah teknik pemasaran online yang menggunakan website sebagai media komunikasi sebuah perusahaan atau brand. Selain itu, ada juga email marketing atau kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media email. Meskipun tak setenar web marketing, email marketing efektif dalam menjaring pelanggan karena menargetkan pelanggan secara personal. Malahan banyak para internet marketer profesional yang menggunakan dan menganggap email marketing sebagai strategi online marketing terbaik.

Kelebihan menggunakan media sosial untuk marketing

Kehadiran sebuah brand di media sosial menjadi sarana mudah bagi konsumen untuk dapat menyampaikan keluhannya dan perusahaan dapat memanfaatkan media sosial untuk memberikan feedback secara mudah dan cepat, serta tertuju langsung ke konsumen (personal). Perusahaan pun pasti mempertimbangkan pelayanan atau servis untuk konsumen yang baik melalui media sosial, serta tetap memantau berbagai keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Dengan demikian, perusahaan dapat merespon dengan cepat bahkan sebelum konsumen melaporkannya secara resmi.

Media sosial dapat digunakan untuk membangun dan menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, yakni dengan cara berbagi informasi, sehingga konsumen akan mendapat manfaat dan perusahaan dapat meretensi konsumen loyal.

Melalui media sosial, perusahaan atau brand dapat dipromosikan secara mulut ke mulut atau dari diskusi konsumen. 

Kekurangan menggunakan media sosial untuk marketing

Jika barang atau jasa yang ditawarkan ternyata buruk, para pengguna media sosial bisa dengan mudah menyampaikan komplainnya. Dengan begitu, kehadiran brand atau perusahaan di media sosial menjadi jalan bagi konsumen untuk meluapkan kekecewaannya.

Harus ada pengelola khusus media sosial agar informasi yang masuk maupun keluar tidak berbeda atau satu suara. 

Sekarang Anda sudah mengenal social media marketing bukan? Klik disini untuk membaca dan mempelajari strategi social media marketing serta cara penerapannya. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x