Gapey Sandy
Gapey Sandy Kompasianer, Writer, Blogger, Vlogger, Reporter, Buzzer

Peraih BEST IN CITIZEN JOURNALISM 2015 AWARD dari KOMPASIANA ** Penggemar Nasi Pecel ** BLOG: gapeysandy.wordpress.com ** EMAIL: gapeysandy@gmail.com ** TWITTER: @Gaper_Fadli ** IG: r_fadli

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Hidup Nyaman dengan Mobile Banking BTN di Genggaman

24 Februari 2019   11:20 Diperbarui: 24 Februari 2019   11:26 163 1 1
Hidup Nyaman dengan Mobile Banking BTN di Genggaman
Ilustrasi rumah dengan layanan aplikasi Mobile Banking BTN. (Foto ilustrasi rumah: staffshousing.org.uk)

"Yah, maaf. Dedek lupa bilang. Musti bayar uang try out Ujian Nasional. Paling lambat besok," ujar putri kecil saya, ketika malam jelang tidur. Tersenyum, saya mengiyakan. Tangan saya pun merengkuh ponsel pintar (smartphone). Aplikasi Mobile Banking BTN yang terpasang di layar utama pun saya klik. Hanya sesaat, lalu semuanya selesai. "Uang bayar try out sudah Ayah transfer ya Dek. Kasih lihat saja besok, bukti transfernya ke admin Tata Usaha," tutur saya.

Selesai? Ternyata belum. Karena Dedek masih menyebut satu permintaan lagi. Apa itu? Top up saldo untuk layanan aplikasi ojek onlinenya. Lagi, saya pun mengiyakan. Mobile Banking BTN masih dalam genggaman. Dan klik, Pembelian. Maka sebelum tidur, semua layanan perbankan pun kelar sudah, tanpa saya harus pergi ke ATM BTN.

Begitulah. Saya senang "menanam" aplikasi Mobile Banking BTN dalam telepon pintar. Rasanya, seperti punya mesin ATM sendiri. Malah, seperti punya "asisten pribadi" yang menangani segala urusan keuangan saya pribadi. Tinggal login, pilih menu, isi password dan "taraaaaa" ... semua layanan perbankan yang saya butuhkan pun, selesai.

Logo Aplikasi Layanan Mobile Banking BTN. (Foto: Bank BTN)
Logo Aplikasi Layanan Mobile Banking BTN. (Foto: Bank BTN)
Layanan Mobile Banking BTN yang real time dengan respon yang rancak, menjadi salah satu alasan, mengapa saya merasa nyaman menjadi nasabah Bank Tabungan Negara. Alasan lain? Banyaklah. Cukup dengan satu aplikasi, saya bisa mengetahui Informasi Rekening, menggunakan QR Pay, melakukan Transfer -- Pembayaran -- Pembelian, mengetahui Suku Bunga Kurs, dan masih banyak lagi. Contoh ya, untuk menu Pembelian saja misalnya. Saya bisa melakukan Isi Ulang Pulsa, Top Up GO-PAY, Listrik, Pulsa Internet dan lainnya.

Semua itu begitu mudah, praktis, aman dan nyaman. Inilah yang ingin saya sampaikan sesuai judul tulisan: Hidup Dinamis dengan Bank BTN dalam Genggaman. Tentu, yang dimaksud adalah pemanfaatan aplikasi Mobile Banking BTN, solusi layanan perbankan yang uptodate karena seiring sejalan dengan perkembangan zaman. Apa saja detilnya?

Pertama, Mobile Banking BTN dapat mengetahui berbagai informasi bagi nasabah perseorangan. Kedua, kemudahan dalam menggunakan layanan perbankan. Ketiga, kemudahan melakukan pembayaran dan pembelian. Keempat, kemudahan cek saldo dan transfer antar Bank BTN dan Bank lain. Kelima, aplikasi Mobile Banking BTN dapat diunduh melalui Play Store juga App Store. Dan keenam, pendaftaran dan penghapusan Mobile Banking dapat dilakukan melalui mesin ATM Bank BTN.

Bagi saya, di usia Bank BTN yang kini 69 tahun, semakin menebalkan keyakinan bahwa selama ini saya tidak salah memilih BTN sebagai solusi layanan perbankan. Pengalaman dan kecakapan bank ini sudah jauh dari sekadar mumpuni. Malah, Bank BTN juga sukses mewujudkan ambisinya, menjadi bank nomor lima terbesar di Indonesia, berdasarkan aset. Lha, memang berapa asetnya? Asal tahu saja, aset Bank BTN terus bergerak naik, hingga menembus lebih dari Rp 300 triliun atau naik sekitar 17 persen dibandingkan pencapaian tahun 2017 lalu, yang tercatat sebesar Rp 261,5 triliun.

Raihan peningkatan aset BTN - yang fokus pada kredit perumahan -- ini, diiringi pertumbuhan kredit yang juga positif, lho. Meskipun seperti kata banyak orang, sepanjang kurun waktu lima tahun terakhir ini, gejolak ekonomi global hampir tak pernah pupus.

Layanan KPR Bank BTN Sahabat Keluarga Indonesia. (Foto: Bank BTN)
Layanan KPR Bank BTN Sahabat Keluarga Indonesia. (Foto: Bank BTN)
Sebagai bank yang sudah 69 tahun penuh pengalaman pada kredit perumahan, Bank BTN telah merealisasikan kredit sekitar Rp 523 triliun, dan tentu saja didominasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Kredit dan pembiayaan tersebut terdistribusikan kepada lebih dari 4,5 juta keluarga di Indonesia.

Nah, ini lagi yang membuat saya semakin bangga dengan Bank BTN. Karena, bank ini menjadi salah satu pendorong kesuksesan Program Sejuta Rumah yang merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo sejak 29 April 2015. Pada perjalanannya, program ini turut memacu Bank BTN melakukan inovasi produk KPR juga skema kredit. Semua dilakukan guna memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah hingga kalangan milenial, dapat segera mewujudkan impian untuk memiliki rumah atau hunian idaman.

Penunjang Program Sejuta Rumah

Lantas, bagaimana fakta dan data kiprah Bank BTN terkait Program Sejuta Rumah, yang tentu saja berada dibawah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) itu?

Data penyaluran KPR yang dilaksanakan Bank BTN sejak tahun 2015, terus mengalami peningkatan signifikan. Secara total, sejak 2015 hingga Desember 2018, Bank BTN telah menyalurkan KPR untuk lebih dari 2.500.000 unit rumah. Nilai kredit keseluruhannya mencapai hampir Rp 250 triliun.

Sedangkan sepanjang tahun 2018 kemarin, Bank BTN telah menyalurkan KPR untuk lebih dari 757.000 unit rumah. Jumlah ini melebihi target yang dipasang Perseroan, yang hanya sebesar 750.000 unit rumah.

Capaian gemilang Bank BTN itu, sekaligus menjadi salah satu unsur penunjang keberhasilan pemenuhan target Program Sejuta Rumah juga. Bahkan menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, data di kementeriannya menunjukkan, rumah yang berhasil terbangun dari Program Sejuta Rumah, sudah mencapai 1.041.323 unit. Pencapaian yang melebihi target itu, terlaksana pada November 2018 kemarin.

Pada saat menyampaikan kabar gembira itu, Basuki mengatakan, target Program Sejuta Rumah berhasil diwujudkan, karena tak lepas dari peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Pengembang, dan Perbankan. Ya, tidak salah tentu, salah satu perbankan yang dimaksud, pasti Bank BTN.

KPR Gaeesss yang Atraktif dan Menarik

Kini, zamannya milenial. Salah satu ciri "anak jaman now" itu, justru kurang baik. Mengapa? Mereka lebih senang menghabiskan uang demi mendapatkan pengalaman tertentu -- traveling keliling Nusantara maupun dunia -, daripada menambah aset atau menabung. Termasuk, belum mereka sadari sepenuhnya untuk segera membeli properti, rumah idaman, yang mustinya jadi kebutuhan primer 'gitu kan.

Untuk urusan papan, milenial kurang perhatian. Tapi, bentuk perhatiannya harus sekaligus yang memudahkan. Atraktif, menarik sekaligus menjanjikan. Bukan saja keuntungan, tapi juga mewujudkan impian.

KPR Gaeesss, layanan yang pas untuk milenialis. (Sumber: Bank BTN)
KPR Gaeesss, layanan yang pas untuk milenialis. (Sumber: Bank BTN)
Dalam bahasa Direktur Utama Bank BTN, Maryono, generasi milenial merupakan unsur penting untuk kemajuan sektor properti di Indonesia pada masa mendatang. Pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor properti, tidak lepas dari peran pada milenial. Bank BTN menilai, milenial bukan semata obyek, tapi juga subyek yang akan menjadi pendorong utama dunia properti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2