Mohon tunggu...
Ganesha AfnanAdipradana
Ganesha AfnanAdipradana Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Hobi membaca dan mencoba belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Peninggalan Bersejarah di Goa Sulawesi, Bukti Manusia Sejak Lama Ada di Indonesia

6 Desember 2023   10:44 Diperbarui: 6 Desember 2023   10:58 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Babi yang terlukis ribuan tahu lalu di salah satu Goa Tertua di Indonesia. Sumber: ARKENAS/Griffith 

Sulawesi Selatan, salah satu provinsi yang kaya akan warisan budaya di Indonesia, menyimpan keajaiban tak terlupakan dalam bentuk lukisan dinding gua yang menjadi saksi bisu sejarah masa lampau. 

Lukisan dinding ini, diakui sebagai yang tertua di dunia, menjadi penanda kehidupan manusia prasejarah yang menempati wilayah ini.

Gua-gua yang tersembunyi di berbagai lokasi di Sulawesi Selatan menyimpan kisah luar biasa melalui lukisan dinding prasejarah. 

Lukisan-lukisan ini memberikan pandangan langka tentang kehidupan sehari-hari, kegiatan berburu, serta ritual keagamaan yang dijalani oleh masyarakat prasejarah Sulawesi. 

Keindahan dan ketepatan detail lukisan ini memukau para peneliti arkeologi dan seni sepanjang waktu.

Lukisan dinding gua ini mencakup periode waktu yang sangat lama, yang diperkirakan berkisar antara 35.000 hingga 40.000 tahun yang lalu. 

Para arkeolog percaya bahwa lukisan ini mencerminkan kehidupan suku-suku prasejarah yang mendiami Sulawesi Selatan pada masa itu. 

Melalui gambar-gambar ini, kita dapat melihat evolusi seni dan budaya manusia, serta perkembangan kehidupan sejak masa prasejarah hingga masa kini.

Keistimewaan lukisan dinding gua ini tidak hanya terletak pada usianya yang sangat tua, tetapi juga pada keakuratannya dalam merekam detail kehidupan prasejarah. 

Para seniman prasejarah dengan cermat menggambarkan hewan-hewan yang mereka buru, teknik berburu yang mereka gunakan, dan ritual-ritual keagamaan yang menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun