Mohon tunggu...
Galang Mario
Galang Mario Mohon Tunggu... Pustakawan - penulis anarki

senang melihat dan memetik makna seni dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Arus Perjalanan Seni Menggambar

4 Juni 2022   08:00 Diperbarui: 19 Agustus 2022   01:45 858 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar anatomi 2 (Dok.pribadi)

Ketika ilustrator ingin membuat sebuah ilustrasi, ia akan segera menyadari bahwa tidak hanya ada satu cara dalam menggambar untuk mengekspresikan keinginannya. 

Berbagai teknik dan praktik artistik telah berkembang pesat dari waktu ke waktu, dari yang primitif hingga modern. Ada banyak gaya dan model menggambar dalam sejarah di tiap masa yang juga bisa menjadi inspirasi dan referensi dalam menghasilkan kebaharuan dalam menggambar.

Dengan demikian pentingnya pengetahuan tentang sejarah evolusi praktik menggambar sehingga kita dapat menghasilkan karya yang inovatif dengan melihat, mengadaptasi atau mengembangkan beragam karya gambar sebelumnya sebagai referensi.

Adapun cara lain yaitu dengan mengunjungi sebuah pameran seni rupa atau galeri seni untuk melihat karya yang terpajang atau membaca buku-buku sejarah seni rupa untuk menemukan dan memahami berbagai arus perjalanan seni menggambar yang telah menandai sejarah seni rupa.

Selain dapat menambah pemahaman kita tentang cara menggambar. Pentingnya mengetahui sejarah seni menggambar agar kita memiliki beragam referensi gambaran.

Pada awal sejarah, manusia belum mengenal kertas. Proses menggambar dilakukan langsung di atas permukaan batu atau dinding seperti terlihat pada lukisan-lukisan gua yang menggunakan warna dari unsur-unsur alam.

Kondisi tersebut membuat seniman primitif harus menyesuaikan dengan permukaan gambar. Alat-alat menggambar belum sempurna kala itu hanya dengan menggunakan tangan, batu dan tongkat yang dicelupkan ke dalam warna.

Seiring berjalannya waktu, evolusi pertama hadir di mesir kuno yaitu ditemukannya lembaran papirus sebagai media tulis dan menggambar, selain itu adanya penggunaan kuas dan tinta yang dibuat dari arang pinus, minyak lampu dan gelatin dari kulit binatang hingga abad ke-2 ditemukannya kertas yang terbuat dari kulit kayu di Cina yang sangat baik digunakan dalam menggambar.

Pada saat itu produksi kertas makin meningkat dan pada saat yang sama alat menggambar ikut berkembang seperti pensil. Biaya produksi kertas yang rendah dan kepraktisan pensil sangat mendukung dalam proses menggambar hingga akhirnya dunia menghadirkan teknologi baru seperti komputer atau tablet yang menyediakan aplikasi olah grafis.

Selain itu adanya internet yang mampu membagikan karya secara luas. hal tersebut menjadi budaya baru dalam menggambar dimana mata tidak lagi tertuju pada ujung pensil dan permukaan kertas tetapi pada layar komputer. Jenis-jenis tablet mulai bermuncul dengan beragam inovasi seperti tablet hibrida yaitu Repaper graphic tablet oleh ISKN yang menawarkan kemudahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan