Mohon tunggu...
Gaganawati Stegmann
Gaganawati Stegmann Mohon Tunggu... Telah Terbit: “Banyak Cara Menuju Jerman”

Ibu RT@Germany, a student @Fritzerlerschule, teacher@Denkmit, a dancer@www.youtube.com/user/Gaganawati1/videos, an author of "Banyak Cara Menuju Jerman", a Tripadvisor level 6, penerima 2 award sebagai penulis-budayawan dari dubes LBBP RI (Hongaria), Y.M. Wening Esthyprobo Fatandari, M.A tahun 2017, award budaya-pariwisata dari Konsul Jendral KJRI Frankfurt, Jerman Bapak Acep Somantri (13 November 2020).

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Isi BBM Pakai Aplikasi Ponsel Pintar Ternyata Cepat, Mudah dan Terjamin

31 Agustus 2020   23:26 Diperbarui: 31 Agustus 2020   23:21 66 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isi BBM Pakai Aplikasi Ponsel Pintar Ternyata Cepat, Mudah dan Terjamin
Maksimal isi 100 euro (dok.Gana)

Sejak 13 Juli 2017, jadi jauh-jauh hari sebelum pandemi, sebuah perusahaan SPBU di Jerman, Shell telah menemukan sebuah inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada para costumersnya. Waktu itu, baru pelanggan Shell di kota besar seperti Hamburg dan Berlin yang sudah merasakannya. Syukurlah sejak tahun lalu, di daerah kami sudah bisa mencicipi fasilitas ini.

Kok, bisa? Iya karena Shell sudah bekerjasama dengan Paypal untuk sistem pembayaran BBM di SPBU mereka dengan menggunakan aplikasi di HP. Caranya bagaimana, ya?

Unduh aplikasi Smartpay dulu

Mulanya begini. Suami saya adalah orang yang sangat suka dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknik.

"Kalau semua bisa dipercepat dan dipermudah, mengapa hidup harus dipersulit?" Begitu katanya setiap saat kalau harus menunggu untuk melakukan atau mendapatkan sesuatu.

Saya perhatikan, karakter suami saya yang orang Jerman memang tidak suka yang berbelit-belit dan tidak pakai lama. Semua harus selurus, sehalus, secepat dan segratis jalan tol Jerman. Wus-wus-wus, bablas.

Tak heran jika ia sangat gembira dengan penemuan Shell untuk para pelanggan dengan Smartpay ini. Tapi saya bisa ngakak waktu dia cerita:

"Tadi waktu aku isi diesel lalu pergi begitu saja, orang-orang yang antri di kasir melongo. Mereka kira aku belum bayar. Untung saja tidak ada yang mengejarku atau melaporkanku ke polisi. Lucu, ya?"

"Memangnya kamu betul-betul sudah bayar?" Saya balik bertanya. Namanya suami saya, dia ini paling jago usil. Dia suka ngerjain orang, mirip-mirip Jackass begitu-lah.

Selidik punya selidik, suami saya sudah mengunduh aplikasi Smartpay dari Shell. Ini dihubungkan dengan Paypal miliknya. Ia tinggal mengisikan data bank sekali saja dan data tersimpan di sana. Data kartu kredit sebenarnya juga bisa. Data-data itu tidak bisa dilihat oleh kasir 2000 SPBU Shell manapun. Jadi, jangan gusar, rahasia dijamin.

Dengan begitu, sebelum mengisi BBM, ia buka aplikasi dengan PIN atau bisa dengan sidik jari.  GPS akan mendeteksi di SPBU mana tempat kita mengisi BBM. Ia menuliskan Sauele atau kotak tangki nomor berapa lalu klik "jetz tanken" (sekarang isi BBM). Sistem akan mengatur bahwa mobil bisa bebas diisi. Disetting aplikasi HP suami saya, maksimal pengisian sampai 100 euro. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x