Mohon tunggu...
Gaganawati Stegmann
Gaganawati Stegmann Mohon Tunggu... Administrasi - Telah Terbit: “Banyak Cara Menuju Jerman”

Housewife@Germany, student @Fritzerlerschule, teacher@Denkmit, a Tripadvisor level 6, awardee 4 awards from Ambassadress of Hungary, H.E.Wening Esthyprobo Fatandari, M.A 2017, General Consul KJRI Frankfurt, Mr. Acep Somantri 2020; Kompasianer of the year 2020.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Tips Sukses Bagi Pelaku UMKM

1 September 2018   06:54 Diperbarui: 1 September 2018   08:25 838 7 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Sukses Bagi Pelaku UMKM
dok.pribadi

Kompasiana, beyond blogging bekerjasama dengan JNE mengadakan kopiwriting di Aston Inn, Semarang pada tanggal 29 Agustus 2018.

Sepuluh Kompasianer telah mendaftarkan diri. Pada hari itu ada boss Semarkutigakum, Wang Eddy, mbak Sri Subekti aka Dinda, mas Masluh, mbak Biken Hongkong, Listhia, Putri, mbak Wahyu hadir. 

Karena ada beberapa Kompasianer yang nggak datang, saya usul untuk menggantikan daripada kosong. Kebetulan saya berada di Semarang dan nggak jauh dari lokasi. Sayang kalau ada yang mau ikut, nggak bisa ikut karena kuota penuh tapi nyatanya kuota belum penuh pada saat acara bukan?

Jemput bola, saya kontak mbak Dinda dan mas Nurul “Ada yang nggak datang? Kalau sudah dihubungi dan nggak bisa, saya mau ikut.”

Ya, saya menunggu konfirmasi sampai hampir sejam dari start undangan. Senang sekali bahwa saya boleh datang dan acara inti belum dimulai. Namanya tinggal di luar negeri, jarang dapat kesempatan seperti itu.

Usai dua jaman mendengarkan paparan tiga narasumber; dari Asosiasi Aku Mandiri, JNE dan Identix, saya menarik benang merah adanya tips bagi pelaku UMKM supaya sukses. 

Berikut tipsnya;

Temukan Niat, Passion dan Produk Unik 

Adalah Irma Susanti. Ia mengaku bahwa untuk menjadi seperti sekarang banyak pengalaman pahit yang ia alami.

Mantan pekerja di bank dan saham itu telah menemukan passion di dunia fashion. Perempuan berhijab itu meninggalkan zona nyaman ke dunia yang penuh tantangan baru. “Saya mau usaha sendiri.” 

Gayung bersambut. Pakaian jadi yang dihasilkannya unik karena produk per desain hanya dibuat satu saja untuk seluruh dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan