Mohon tunggu...
Gaferianto Hulu
Gaferianto Hulu Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Kimia Universitas Negeri Surabaya

Percaya dan taat, sepanjang umur kita Tuhan telah atur yang terbaik.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mendengarkan Musik sambil Belajar

7 Desember 2019   14:42 Diperbarui: 7 Desember 2019   15:26 206 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ketika seseorang mendengarkan alunan musik bisa membawa seseorang bisa merasakan apa yang diungkapkan dalam musik tersebut. Melalui musik kita juga bisa mengungkapkan apa yang sedang kita rasakan, entah itu sedih, senang, musik bisa menceritakan apa yang sedang kita rasakan.

Lalu bagaimana jika musik itu menemani saat kita belajar. Kebanyakan orang memiliki tipe belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka belajar dengan suasana tenang, ribut atau gerak-gerak, memvisualisasikan, atau tipe yang lain. 

Seseorang yang senang belajar dalam suasana ribut biasanya suka mendengarkan musik.  bagi mereka, tanpa musik, mereka tidak bisa belajar dengan baik. Apa yang mereka pelajari, tidak bisa mereka pahami tanpa musik. Karena mungkin bagi mereka, melalui alunan musik, bisa melancarkan kinerja otak, sehingga pelajaran yang mereka pelajari akan lebih mudah dimengerti. 

Menurut Yunsirno dalam Utomo mengatakan bahwa, "Untuk menyeimbangkan kecenderungan dominasi otak kiri, perlu dimasukkan musik, seni, estetika, atau hal lain yang berhubungan dengan otak kanan dalam pengalaman belajar dan kehidupan anak. Semua itu menimbulkan emosi positif yang membuat otak lebih efektif berpikir. 

Selain itu Musik dan otak saling berhubungan. Ketika otak kiri sedang belajar dan berusaha untuk berkonsentrasi penuh, tiba-tiba pikiran melayang kemana-mana. Karena tidak ada pekerjaan, maka biasanya otak kanan akan mulai bosan dan mulai mengganggu konsentrasi belajar (Utomo).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Utomo dkk, bahwa musik klasik membuat siswa rileks dan bersemangat. Musik membuat penggunaan otak kiri dan kanan seimbang Hal ini membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru karena belajar dalam keadaan senang, tidak terpaksa, dan lebih fokus

Kemudian saat siswa membaca buku dengan diiringi musik klasik, siswa lebih berkonsentrasi membaca buku. Siswa tidak cepat bosan membaca buku. Hal ini juga membuat siswa lebih memahami materi yang dibacanya. Ini membuat pemahaman siswa meningkat. 

Betapa penting juga musik dalam proses belajar. Karena  melalui musik membuat kita lebih fokus untuk belajar, selain itu dengan irama musik membuat kita lebih mudah untuk memahami materi. 

Dengan adanya musik, kerja otak  kita lebih maksimal karena mampu memberikan pengalaman aktif belajar. Sehingga materi yang kita pelajari yang awalnya sulit akan serasa lebih mudah karena dengan adanya musik yang menemani. 

Namun, sekali lagi tidak semua media musik bisa membuat semua orang bisa belajar, karena tidak semua tipe belajar itu sama. Jadi teman-teman yang suka belajar dengan musik, bisa membagikan pengalamannya  di kolom komentar. 

Hal apa saja yang perlu dilakukan dalam belajar dengan musik, bisa dibagikan di kolom komentar. Jika teman-teman punya tiper belajar lain, bisa membagikan di kolom komentar.

Terima kasih telah membaca, budayakan membaca hari ini, jika kelak tidak mau menyesal. God Bless you, Semoga sukses....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan