Mohon tunggu...
Gaferianto Hulu
Gaferianto Hulu Mohon Tunggu... Mahasiswa

Percaya dan taat, sepanjang umur kita Tuhan telah atur yang terbaik.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Belajar Supaya Tidak Bosan

24 November 2019   19:33 Diperbarui: 24 November 2019   19:34 394 0 0 Mohon Tunggu...
Tips Belajar Supaya Tidak Bosan
dok. pribadi

Belajar tidak pernah lepas dari kehidupan manusia, baik pejabat, dosen, guru, mahasiswa, maupun siswa. Belajar dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Belajar membuat kita banyak mengetahui banyak hal. 

Kita yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Layaknya kita belajar naik sepeda, awalnya masih sering jatuh, tetapi ketika kita lakukan berkali-kali dan sudah terbiasa semua menjadi lebih bisa. Kita awalnya hanya menempuh satu meter, lama kelamaan kita bisa menempuh 1 kilometer. Semua berawal dari belajar.

Belajar merupakan sesuatu hal yang perlu kita lakukan. Untuk mengenal sesuatu hal tanpa belajar kita tidak akan dapat apa-apa. Belajar sudah menjadi bagian dari mahasiswa maupun siswa. 

Kita untuk memahami suatu materi perlu dilakukan dengan belajar. Untuk memahami sebuah pelajaran kita memerlukan berjam-jam untuk dapat mengerti materi yang disampaikan oleh guru maupun dosen. 

Namun terkadang jika kita terlalu lama belajar membuat kita cepat bosan dan lelah. Kita untuk berpikir setelah lewat satu jam, sudah mulai berkurang dan bahkan bisa membuat kita ngantuk. 

Oleh karena itu kita perlu mencari jalan keluar supaya kita tidak cepat bosan dalam belajar. Menurut saya supaya kita tidak cepat bosan dalam belajar, ada beberapa tips dari saya, yaitu sebagai berikut:

1. membuat catatan dengan tulisan berwarna. Karena berdasarkan penelitian, warna dapat mempengaruhi kerja otak kita untuk memahami materi lebih cepat dibandingkan dengan tulisan berwarna hitam

2. rapikan meja belajar mu. jika ada barang-barang yang tidak kamu butuhkan saat itu waktu belajar lebih baik singkirkan

3. Kuasai dirimu tipe belajar seperti apa, apakah lebih senang mendengarkan musik, atau suasana tenang

4. Jika sudah mulai 30 menit waktu belajarmu, sekali-sekali istirahat selama 5 menit, bisa membuka medsos, atau lakukan gerakan agar kamu kembali segar atau fresh

Itu tips belajar dari saya, tipe belajar ala kamu gimana? silahkan komen di kolom komentar ya..:)

VIDEO PILIHAN