Mohon tunggu...
Dimas Septian A
Dimas Septian A Mohon Tunggu... Freelancer - Hello

Student

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kemunculan Media Baru dan Teknologi Baru dengan 6 Karakteristiknya

20 Agustus 2018   19:40 Diperbarui: 3 September 2018   19:28 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : nypost.com

Lister, Dovey,dkk (2009) memaparkan bahwa istilah "Media Baru" telah muncul di akhir tahun 1980-an dimana dunia media dan komunikasi telah menunjukkan perbedaan pada sektor atau elemen di dalamnya. Namun tetap saja perubahan yang terjadi mungkin akan berbeda dari waktu ke waktu tergantung dengan perantara-perantara yang digunakan.

Media tentu akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu seiring perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Media baru dapat dilihat sebagai sebuah bagian dari jenis perubahan tertentu serta memberikan sebuah pengertian akan 'zaman baru' dan 'era baru' dalam sebuah media. 

Munculnya media baru juga masih dianggap sebagai bagian dari lanskap sosial, teknologi serta budaya yang lebih luas lagi pengertiannya. Singkatnya, media baru merupakan bagian dari teknokultur baru.

Media baru sendiri menurut Lister, Dovey,dkk (2009) sebenarnya merujuk pada bermacam-macam perubahan pada produksi, distribusi dan penggunaan dari media itu sendiri yang sifatnya dipengaruhi oleh teknologi, tekstual, konvensional dan budaya. 

Sejak tahun 1980-an juga telah muncul berbagai konsep yang menawarkan berbagai karakterisitik dari bidang media baru ini secara keseluruhan atau menyeluruh.

Beberapa karakteristik mengenai 'media baru' ini adalah digital, interactivity, hypertextual, virtual, networked, dan simulated.  

1. Digital

Di dalam media digital, semua data diinput dan dikonversi menjadi sebuah angka. Kemudian data yang telah dikonversi dan disimpan dalam bentuk angka di proses agar output nya menjadi sebuah text, gambar dan sebagainya. 

Selain itu, output tadi dapat juga disimpan di dalam bentuk file di penyimpanan eksternal, cetakan atau hard copy, dan memori drive agar dapat dikoding dan diterima dalam bentuk tampilan yang sudah jadi.

2. Interactivity

Di era media digital, terdapat perbedaan dalam hal mengkonsumsi media. Jika dalam media lama hanya menawarkan konsumsi yang bersifat pasif atau hanya sekedar membaca, melihat tanpa bisa memberikan feedback atau timbal balik dari media yang di konsumsi. 

Namun di era media baru ini menawarkan konsumsi yang bersifat interaktif atau para konsumen dapat memberikan feedback atau timbal balik dari media yang dikonsumsi. Oleh karena itu, feedback dari para konsumen sangat penting untuk media agar dapat memberikan sajian yang menarik perhatian konsumen dan memenuhu kebutuhan para khalayak.

3. Hypertextual

Hypertext yang dimaksud adalah sebuah teks yang terhubung dengan berbagai sejarah dari komputer yang menghubungkan antara teks, database, dan pikiran manusia dalam menggunakan perangkat komputer. 

Secara singkat, hypertext ini adalah sebuah kalimat yang memiliki tanda yang berbeda yang menghubungkan suatu data atau memori yang telah tersimpan di internet untuk dapat di akses oleh manusia.

4. Virtual

Dunia virtual, ruang, lingkungan, realitas dan lain sebagainya sangat berhubungan dengan media baru. Media baru beserta dengan teknologi-teknologi terkini telah banyak menghasilkan berbagai visual yang dapat dinikmati dan dikonsumsi oleh banyak orang.

5. Networked

Pada tahun 1970 - 1980 an, ekonomi kapital mengalami crisis karena sistem produksi mereka yang terlalu sentral. Namun sekarang pada abad ke 21, networking merupakan sebuah kunci dari berbagai aspek yang ada di dunia. Jaringan dapat menghubungkan dengan berbagai jaringan-jaringan yang lebih global agar dapat diakses kapanpun, oleh siapapun dan dimanapun.

6. Simulated

Simulasi secara mudah dipahami sebagai sebuah awal dari terbentuknya sebuah konsep atau imitasi dari sesuatu yang asli. Simulasi dalam media baru disebut sebagai sebuah imitasi atau tiruan dari sesuatu hal yang orisinil, organik ataupun yang asli dan pasti.

Media baru merupakan sebuah media 'postmodern' yang muncul dan kemudian memberikan kontribusi kepada perkembangan sosio-kultural dalam kehidupan manusia. Pemikiran tersebut telah dapat kita lihat bahwa pemisahan masa lalu dan masa sekarang telah mengaburkan beberapa hal yang diungkap di dalam media baru ini.

Referensi buku : 

Lister, M., et al. (ed). 2009. New Media: A Critical Introduction, Second Edition. New York: Routledge.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun