Mohon tunggu...
Gabriela Natasya Manueke
Gabriela Natasya Manueke Mohon Tunggu...

Mahasiswi Minim Talenta

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

5 Hal Penting Menghadapi Bimbingan & Key-in KRS di FISIP UAJY

9 September 2017   12:57 Diperbarui: 14 September 2017   11:24 1666 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal Penting Menghadapi Bimbingan & Key-in KRS di FISIP UAJY
Contoh Slip Pembayaran UAJY

Sebagai mahasiswa memilih mata kuliah ketika awal semester menjadi hal yang penting. Apalagi ini menyangkut keberlangsungan kita selama satu semester ke depan. 

Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta(UAJY) bimbingan dan key-in (input) mata kuliah dilakukan setelah kita melakukan pembayaran uang SPP tetap. Pembayaran ini dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Selain itu sebagai mahasiswa dan mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, masih banyak lagi yang harus kita perhatikan.

Nah, berikut lima tips penting yang harus kalian ingat ketika akan menghadapi Bimbingan dan Key-inKRS di FISIP UAJY, yang saya buat berdasarkan pengalaman saya selama 5 semester berkuliah di FISIP UAJY.

  1. Slip Pembayaran SPP tetap.

    Setelah melakukan pembayaran SPP tetap kamu pasti akan memerlukan slip pembayaran. Kamu bisa mendapatkannya di loket kantor keuangan yang berada di Kampus 2 (Gedung Thomas Aquinas). Biasanya slip pembayaran ini berwarna hijau. Slip pembayaran ini juga bisa digantikan oleh bukti transfer yang di beri cap oleh pihak kantor keuangan. Nantinya, slip pembayaran ini akan dibutuhkan ketika kamu akan mengambil buku pedoman bimbingan. Jadi kamu harus menyimpannya dan memastikannya tidak ditaruh disembarang tempat.
  2. Buku Pedoman Bimbingan.
    hal selanjutnya yang harus kita perhatikan kita diharuskan mengambil buku pedoman. Buku pedoman ini dapat kita ambil di kantor tata usaha pada jadwal yang telah ditentukan. Kantor tata usaha FISIP UAJY terletak di lantai 1 Kampus 4 (Gedung Teresa). Pada saat mengambil buku pedoman biasanya akan diberikan juga blanko KRS. Penting untuk kita memperhatikan buku pedoman. Hal ini dikarenakan di dalamnya akan terdapat berbagai mata kuliah yang di tawarkan selama satu semester ke depan. Selain itu, di dalamnya terdapat juga jadwal dan ruangan bimbingan, jadwal key-in, jadwal mata kuliah beserta ruang kelas yang akan digunakan dan yang tidak kalah penting lagi jadwal ujian. Jangan heran jika kamu tidak menemukan siapa dosen yang akan mengampu mata kuliah di buku tersebut. Karena kamu memang baru akan mengetahuinya ketika kamu masuk kelas di pertemuan pertama.
  3. Perhatikan Jadwal Bimbingan.
    Setelah mengambil buku pedoman, lihatlah kapan jadwal bimbingan kamu dilakukan. Di buku pedoman biasanya akan ditulis menggunakan 4 digit terakhir NPM. Hal ini penting agar kita tidak lupa dan melewatkan jadwal bimbingan. Kamu juga bisa membuat alarm di handphone agar tidak lupa. Karena, kalau kita melewatkannya biasanya akan ditaruh di antrean paling akhir. Selain itu, kita tidak akan mungkin diperbolehkan melakukan key-in. Pada saat melakukan bimbingan kita juga sudah harus tahu mata kuliah apa saja yang akan kita ambil dan berapa jumlah SKS-nya. Penting juga bagi kamu untuk memastikan tidak ada jadwal kuliah dan ujian yang bertabrakan. Blanko KRS juga harus dibawa karena akan ditanda tangani oleh dosen pembimbing sebagai tanda kita sudah melakukan bimbingan. 
  4. Perhatikan Jadwal Key-in.
    Selesai melakukan bimbingan kita akan melakukan key-in. Jadwal key-injuga dapat kita temukan di buku pedoman. Sama seperti jadwal bimbingan tadi kita juga harus membawa blanko KRS yang kali ini sudah ditanda tangani dosen pembimbing. Selain itu kamu juga harus membawa KTM (Kartu tanda Mahasiswa). Key-injuga harus dilakukan sesuai jadwal. Karena akan sulit mengurusnya ketika kamu tidak melakukannya sesuai jadwal. Ketika melakukan key-in dan kehabisan kelas kamu bisa menghubungi panitia. Biasanya kamu akan diarahkan untuk mendaftar kelas bayangan. Langkah selanjutnya, akan dijelaskan oleh panitia.
  5. Mencetak SBPK (Surat Bukti Pengambilan Kelas).
    SBPK dapat kita ambil di kantor tata usaha. SBPK berisi mata kuliah yang akan kita ambil selama satu semester ke depan. Selain itu disana ada jadwal UTS dan UAS yang perlu diperhatikan. Disana juga ada keterangan kelas dan jumlah sks yang kita ambil. 

Itulah kelima hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan bimbingan dan key-inKRS di FISIP UAJY. Semoga bermanfaat. Kalau ada hal kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x