Mohon tunggu...
Gabriela Patricia
Gabriela Patricia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

KKN TIM II 2023 Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak SD, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan

13 Agustus 2023   18:40 Diperbarui: 13 Agustus 2023   20:41 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perkembangan Kognitif dan Motorik 

Wonogiri (24/7). Anak memiliki berbagai macam potensi yang harus dikembangkan. Kemampuan anak yang sedang berkembang adalah kemampuan kognitif dan motorik. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan motorik anak SD.

Guru bertanggung jawab untuk menyajikan materi pembelajaran secara efektif, merangsang kreativitas berpikir siswa serta membantu mengidentifikasi kebutuhan individual siswa dan memberikan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk memaksimalkan potensi kognitif mereka. Tidak semua anak memiliki kemampuan kognitif dan motorik yang baik. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pelatihan kepada guru-guru SDN Krapyak, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri untuk memaksimalkan peran guru dan menambah wawasan guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan motorik anak SD.

Kegiatan pelatihan dilakukan di ruang kelas SDN Krapyak. Kegiatan pelatihan kepada Guru SDN Krapyak Desa Bulurejo diawali dengan memberikan pemahaman kepada guru mengenai perkembangan kognitif dan bahasa serta perkembangan motorik anak SD. Kegiatan dimulai dengan tahap pengenalan konsep dasar perkembangan kognitif pada anak usia SD. 

Guru-guru diberikan pemahaman tentang bagaimana otak anak berfungsi dan bagaimana proses belajar terjadi. Selanjutnya, melatih guru untuk menerapkan pembelajaran yang efektif di dalam kelas dan memaparkan peran yang dapat diterapkan guru di kelas untuk memaksimalkan kemampuan kognitif dan motorik anak SD serta merangsang kreativitas berpikir siswa melalui variasi model pembelajaran yang efektif dan kegiatan mengajar yang dapat membantu memaksimalkan perkembangan kognitif dan motorik anak SD.

Kegiatan berjalan dengan lancar. Dalam pelatihan tentang perkembangan kognitif dan motorik anak SD, guru-guru menunjukkan respons yang antusias dan tertarik. Guru dengan penuh semangat menerima wawasan baru tentang bagaimana anak-anak berpikir dan belajar pada usia tersebut. Guru juga menunjukkan keinginan untuk menerapkannya dalam praktik mengajar mereka dengan harapan dapat lebih efektif membantu siswa dalam memahami materi dan mengembangkan keterampilan kognitif mereka. 

Pelatihan diakhiri dengan pemberian luaran booklet kepada guru SD mengenai perkembangan kognitif dan motorik serta peran guru untuk membantu memaksimalkan kemampuan kognitif dan motorik anak SD. Diharapkan guru-guru SD menjadi lebih siap dan mampu merancang pengalaman belajar yang merangsang perkembangan kognitif siswa SD. Siswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pemahaman konsep yang lebih baik, membekali mereka dengan dasar yang kuat untuk pembelajaran seumur hidup. 

Perkembangan Kognitif dan Motorik 
Perkembangan Kognitif dan Motorik 

Penulis : Gabriela Patricia 

Fakultas : Psikologi

DPL : Farid Agushybana, SKM, DEA, PhD, Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T., Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun