Mohon tunggu...
Frita Annisa
Frita Annisa Mohon Tunggu... -

SMA NEGERI 1 PADALARANG

Selanjutnya

Tutup

Digital

Penggunaan Media Sosial

1 Maret 2019   02:20 Diperbarui: 1 Maret 2019   03:22 27 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sosial media adalah media online yang digunakan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi oleh para poenggunnya tanpa dibatasi jarak dan waktu. Bentuk media sosial ini berupa aplikasi, seperti instagram, Whatshaap, Twitter, Facebook, Line, Path, dan lain lain. 

Cara menggunakan sosial media ini biasanya dengan bentuk pengiriman berupa pesan, kemudia pesan tersebut bisa dikirim ke satu orang ataupun lebih. Penggunaan media sosial ini tentunya tidak gratis, untuk menggunakan sosial media ini para pengguna harus menggunakan jaringan internet berupa kuota. Jika kita tidak mengisi kuota maka untuk kita tidak bisa berkomunikasi lewat sosial media ini.

Di era globalisasi yang semakin canggih ini masyarakat indonesia bahkan dunia banyak yang menggunakan sosial media. Mulai dari kalangan dewasa, remaja, bahkan orang tua dan anak anak pun banyak yang menggunakan sosial media ini. We are social dan Hootsaite pada akhir januari 2018 telah merilis data mengenai jumlah pengguna media sosial dan internet didunia. Berdasarkan data tersebut, pengguna internet didunia telah mencapai 4 miliyar dan sebelumnya yaitu 3,8 miliyar.

Seiring pesatnnya zaman, sosial media tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi, segala sesuatu selalu berhubungan dengan sosial media mulai dari belajar, bekerja, berbisnis dan lain lain. Kini banyak masyarakat yang berbisnis menggunakan sosial media. 

Dengan berbisnis  di sosial media tersebut dapat mempromosikan secada cepat dan dapat tersebar luas. Mulai dalam berbisnis makanan, baju, barang barang dan lain lain. 

Selain itu dengan  sosial media para pengguna akan tahu informasi informasi penting yang terjadi di indonesia. Selain berperan baik ketika kita menggunakan sosial media ini tak hanya ada dampak positif dampak namun apula negatif nya. Seperti saat ini banyak para pengguna sosial media yang menyalahgunakan sosial media ini. 

Banyak yang menggunakan sosil media ini untuk membully orang lain, menghujat orang lain ,bahkan banyak korban sosial media yang tertipu dan ada yang menjadi korban penculikan yang diakibatkan karena berkomunikasi lewat sosial media dengan orang yang tidak dikenalnya.

Oleh karena itu kita sebagai pengguna sosial media harus menggunakan nya dengan sebaik baik nya. Untuk yang menyalah gunakan sosial media ini sebaiknya untuk lebih sadar menggunakan sosial media ini dengan baik. 

Semakin canggihnya sosial media dizaman sekarang pemgguna nya pun harus canngih untuk menggunakan sosial media ini dengan baik. Akan banyak manfaat jika kita menggunakan nya dengan baik dan tidak akan ada manfaatnya jika kita menggunakannya dengan tidak baik. Gunakanlah sosial media ini dengan baik agar kita dapat manfaat yang baik dan janganlah sekali kali menyalahgunakannya.

Ditulis Oleh : Vini Cahyani

Kelas : XII MIPA 2

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan