Mohon tunggu...
Frita Annisa
Frita Annisa Mohon Tunggu... -

SMA NEGERI 1 PADALARANG

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Tips Membeli Barang secara Online

28 Februari 2019   21:41 Diperbarui: 28 Februari 2019   21:52 12 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Jual beli adalah kegiatan transaksi barang antara orang yang menjual (penjual) dan orang yang membeli (pembeli). Di era modern ini, beberapa kegitan bisa di lakukan secara online. Seperti : ojek online, memesan makanan online, hingga jual beli online. Pada jual beli online ini, penjual tidak di haruskan bertemu langsung ataupun melakukan pembayaran secara langsung dengan konsumen. Jual online ini dinilai sangat praktis bagi para penjual karena penjual tidak perlu repot-repot berdagang keliling, mereka hanya perlu mempersiapkan barang yang di jual. Begitupun bagi para konsumen, mereka tidak perlu pergi keluar rumah untuk membeli barang. Jual beli tidak hanya memiliki banyak manfaat, jual beli online juga ada negatifnya. Diantaranya :1.Jual beli online dapat menipu para konsumen. Hal ini terjadi lantaran banyak cara pembayaran yang di lakukan secara transfer.
2.Barang tidak sesuai dengan gambar dan keterangan yang ada. Banyak barang yang tidak sesuai karena pembeli belum melihat barangnya secara langsung.
3.Barang yang dijual tiruan. Banyak pedagang yang menjual barang tiruan, biasanya mereka mengimformasikan barang tersebut asli padahal palsu. Barang tiruan yang biasa muncul yaitu alat elektronik, make up, barang bermerek.
Dan masih banyak lagi kerugian lain yang di alami para konsumen. Bagi kalian yang mau berbelanja online, tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips berbelanja online :
1.Situs jual beli terpercara. Carilah situs jual beli online yang terpercara. Biasanya situs jual beli online yang terpercara sudah terkenal di kalangan masyarakat.
2.Toko online yang memiliki banyak ulasan positif . Biasanya para pembeli sebelumnya memberikan ulasan barang yang ia beli. Apakah barang sesuai atau tidak.
3.Jangan tergiur harga murah. Banyak barang yang lebih murah dari harga aslinya. Beberapa barang murah karena diskon atau cuci gudang, adapun yang murah karena barang kw atau tiruan.
4.Gratis ongkos kirim. Upayakan cari produk yang pengirimannya gratis, agar hemat.
5.Pantau pengiriman produk. Biasanya produk yang di beli bisa di awasi pengirimannya dengan melacak nomor produk.
6.Pembayaran dilakukan di tempat.
7.Simpan bukti transaksi pembelian. Jika barang akan di tukar ke penjual,sangat di perlukan bukti transaksi.
Berbelanja di situs jual beli online tidak selalu merugikan jika bisa di pilah dengan baik. Jadilah konsumen atau pedagang yang bijak. Agar tidak ada yang merasa kecewa. Dan cintai produk negeri.


Nama   : Anisah Aulia
Kelas  : XII-MIPA 4

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan