Mohon tunggu...
Friska DewiAnjani
Friska DewiAnjani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Gladi Hominisasi

6 Desember 2022   17:45 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:00 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas pra gladi yang saya lakukan adalah menyimak salah satu video yang telah disediakan yaitu mengenai kebudayaan Kampung Naga.  Setelah saya menonton video tersebut, saya banyak mengenali budaya kampung naga dan saya pun menjadi sadar bahwa banyak sekali kebudayaan Indonesia yang belum saya kenali. Lalu saya menuliskan apa yang sudah saya dapatkan dari video tersebut. Seperti menuliskan kekhawatiran saya sebagai anak muda dalam menjaga kebudayaan Indonesia, dan menjelaskan tindakan yang konkrit untuk menjaga Indonesia. 

Ketika saya mengikuti gladi hominisasi ini, saya mendapatkan apa yang tidak saya ketahui sebelumnya. Seperti tema yang saya bawakan ketika presentasi, yaitu mengenai Hari Hutan Sedunia. Sebelumnya saya hanya tahu hari hari besar seperti hari pahlawan, hari sumpah pemuda, dan hari kesaktian pancasila, setelah mengikuti gladi hominisasi ini saya tahu bahwa banyak hari hari besar lainnya yang tidak saya ketahui dan hal tersebut memanglah penting. Walaupun ketika mengikuti kegiatan tersebut, sala merasa pusing karena hampir 5 jam depan laptop, namun saya banyak belajar dari gladi hominisasi ini.

Saya mendapatkan pengalaman baru dan pastinya teman baru dalam melakukan proses gladi hominisasi ini. Pengalaman seperti public speaking yang baik dan benar dengan waktu yang singkat. Selain itu, saya mendapat teman baru dari berbagai jurusan. Saat berada dalam breakout room, kami sharing mengenai jurusan kami masing-masing dan itu membuat wawasan saya lebih luas.

Menurut saya, setelah mengikuti geladi Hominisasi, sebagai warga negara kita harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar agar dapat saling terhubung dan berkomunikasi sesama warga Indonesia, karena bahasa adalah pemersatu bangsa. Dan harus menggunakan logika agar apa yang kita komunikasikan dapat tersampaikan dengan baik. Sebagai warga negara berbahasa yang baik dan benar saya tidak cukup, namun kita juga harus menggunakan logika kita untuk berkomunikasi.

Kemampuan yang akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah mengenai public speaking dan cara beradaptasi dengan lingkungan baru. Saya menerapkan kemampuan public speaking ketika presentasi, menjawab, maupun bertanya ketika dikelas. Dan menerapkan cara beradaptasi ketika berganti dosen, ataupun berganti kelas. 

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun