Mohon tunggu...
Frisilya Dyah
Frisilya Dyah Mohon Tunggu... Bankir - Karyawan Swasta dan Mahasiswi

Hanya seorang wanita karir jika pagi hari sampai sore hari dan seorang mahasiswi di malam hari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Budaya Organisasi Perusahaan Analisis terhadap PT. Bank Central Asia

13 Juni 2022   15:06 Diperbarui: 13 Juni 2022   15:15 5971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Budaya yang kuat serta pengelolaan Sumber Daya Manusia yang baik merupakan alat untuk berkompetisi dengan pesaing dalam suatu organisasi. Hasil dari suatu budaya yang kuat adalah budaya tersebut akan meningkatkan perilaku yang konsisten yang dapat
menciptakan keefektifan organisasi yang dipengaruhi oleh kinerja karyawan. Namun apabila budaya tersebut tidak baik, maka tujuan kan menuju arah yang salah. (Kotter & Heskett, dalam Darmawiyanti, 2008). Jika budaya suatu organisasi tidak memberikan hal
yang positif bagi organisasi maka hasil yang akan dicapai atau kinerja organisasi akan buruk, karena budaya perusahaan menginformasikan kepada karyawan tentang bagaimana perilaku karyawan yang semestinya.

Djokosantoso (2003:21) mendefinisikan bahwa budaya perusahaan adalah sistem nilai-nilai yang diyakini oleh semua anggota organisasi dan yang dipelajari, diterapkan, serta dikembangkan secara berkesinambungan, berfungsi sebagai sistem paket, dan
dapat dijadikan acuan berperilaku dalam organisasi untuk menciptakan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Sedangkan definisi lain menurut McKenna dan Beech (2004:18) yaitu budaya perusahaan merupakan nilai, kepercayaan, sikap dan perilaku yang dipegang anggota.

Secara konseptual manajemen budaya bertolak dari anggapan dasar. Hal ini diungkapkan oleh Hofstededalam Ndraha (2005:181) bahwa anggapan dasar:

  • budaya adalah collective mental progam jadi budaya dapat di programkan atau
    dimanajemeni; dan
  • nilai bisa berubah dan oleh karena itu, budaya pun bisa berubah
    atau diubah (sudah barang tentu) sebagai proses manajemen budaya meliputi fungsi dan
    kegiatan proses budaya.

Ditinjau dari segi logika, memanajemeni atau pengelolaan budaya dapat dibagi menjadi beberapa tahap:

  • memahami sifat budaya dan pengaruhnya terhadap organisasi;
  • menilai kekuatan yang mendukung budaya yang sekarang dan kelemahan yang perlu diubah;
  • memutuskan perubahan apa, jika ada, dalam budaya (atau dalam aspek lain dari perusahaan) yang perlu dan mungkin; dan
  • menggunakan alat yang tersedia untuk merubah budaya.

Budaya Perusahaan juga merupakan faktor internal yang terpenting dalam suatu organisasi atau perusahaan, yakni suatu nilai -- nilai yang menjadi pendoman sumber daya manusia untuk menghadapi permasalahan eksternal ataupun internal, sehingga masing -- masing anggota perusahaan atau organisasi memahami nilai -- nilai yang ada dan bagaimana mereka Menurut bennis et al. (1990:221) ada sejumlah cara untuk memahami budaya suatu
organisasi atau perusahaan. Cara ini meliputi:

  • mengamati secara langsung budaya yang oleh orang luar;
  • melakukan riset survei dengan menggunakan daftar pertanyaan dan wawancara (yang ditujukan kepada karyawan yang sekarangdan bekas karyawan, dan juga orang luar dianggap mengetahui perusahaan yang bersangkutan;
  • memeriksa dokumen perusahaan;
  • menilai budaya perusahaan secara langsung.harus bertindak atau berperilaku.

Analisis Pada PT. Bank Central Asia

PT Bank Central Asia merupakan salah satu perusahaan bank swasta yang memiliki budaya perusahaan yang baik. PT Bank Central Asia mewajibkan karyawannya untuk memiliki sifat dan perilaku yang sesuai dengan standar nya, dimana budaya tersebut digunakan untuk dapat mencapi visi dan misi perusahaan.

PT Bank Central Asia memiliki visi untuk menjadi Bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia. Untuk mencapai visi, BCA memiliki misi, yakni :

  • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan
  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah
  • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA

PT Bank Central Asia terkenal dalam pelayanan dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dimulai dari tim security, frontliner dan karyawan lainnya. PT Bank Central Asia memiliki motto "Senantiasa Disisi Anda" BCA mengharapkan untuk selalu berada di kehidupan masyarakat dalam menunjang dan membantu aktivitas finansial nasabah dan menjadi salah satu Bank pilihan terbaik nasabah.

Budaya Perusahaan yang dimiliki PT Bank Central Asia ialah :

a. Fokus Pada Nasabah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun