Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Mahasiswa - www.tafenpah.com

*Kata-kata hanya melayang/hilang/lenyap/menguap; tetapi tulisan tetap tinggal/dekat/abadi (Verba volant, scripta manent)* ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Koordinasi dan Komunikasi Lemah, Timnas Kalah Telak 0-4 dari Vietnam

8 Juni 2021   01:51 Diperbarui: 8 Juni 2021   02:31 591 43 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Koordinasi dan Komunikasi Lemah, Timnas Kalah Telak 0-4 dari Vietnam
Timnas Indonesia kehilangan 3 poin di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di stadion Al Maktoum. Sport.detik.com

Uni Emirat Arab (UEA) -- Hasil kualifikasi Piala Dunia zona Asia grup G antara Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam dimenangkan oleh timnas Vietnam 4-0 di stadion Al Maktoum. Senin, 7/6/2021, pukul 23.15 WIB atau Selasa 8/6/2021, pukul 00.15 WITA.


Miskomunikasi, koordinasi, kerjasama dan kehilangan fokus dari timnas Indonesia harus dibayar mahal dengan kehilangan 3 poin di putaran kedua, Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia.

Sepak bola itu tidak hanya menyajikan atraksi menarik dan dramatis antar kedua tim. Karena sepak bola itu adalah pertemuan antar budaya dari berbagai suku bangsa yang disatukan dalam semangat kerjasama, komunikasi, koordinasi dan sportivitas.

Salah satu hal yang paling rawan bagi timnas Indonesia saat meladeni timnas Vietnam adalah miskomunikasi antar pemain. Tentu kesalahan ini berpotensi untuk membuyarkan semangat Garuda muda untuk memenangkan laga di grup G.

Persoalan kalah dan menang itu adalah hal lumrah dalam setiap pertandingan. Namun, hal terpenting yang harus diantisipasi oleh pemain timnas adalah membangun kerjasama.

Kerjasama antar pemain akan melahirkan komunikasi yang lebih nyaman. Ketika komunikasi sudah terjalin antar pemain, tentu kesalahan-kesalahan yang berakibat fatal di lini belakang timnas akan semakin berkurang.

Tekanan pemain Vietnam membuat timnas mati langkah di awal laga. Bahkan Vietnam terus konsisten untuk mengekang lini pertahanan timnas Garuda.

Secara materi pemain, timnas Indonesia tak diragukan oleh publik. Akan tetapi, persoalan utama itu terletak pada komunikasi.

Komunikasi

Daerah pertahanan Indonesia selalu dikuasai oleh timnas Vietnam. Bahkan ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-28, lini pertahanan timnas sangat kacau.

Gempuran pemain Vietnam terus dilancarkan. Evan Dimas dkk berusaha untuk keluar dari tekanan tersebut. Namun, kurangnya komunikasi antar pemain berakibat pada pengikisan fondasi timnas. Bahkan miskomunikasi masih terus terjadi hingga memasuki menit ke-30.

Timnas terpengaruh gaya permainan Vietnam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN