Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Sayap-sayap patah (Broken Wings) Kahlil Gibran

Keresahan terbesar kehidupan adalah kita ingin memaksakan kehendak kepada orang lain! ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Apakah Kesuksesan Hanya Ada di Tanah Rantau?

12 Mei 2021   15:37 Diperbarui: 12 Mei 2021   16:24 60 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Kesuksesan Hanya Ada di Tanah Rantau?
Apakah kesuksesan hanya ada di tanah rantau? Blog.Payrollbozz

Peluang kesuksesan di tanah rantau lebih besar daripada di tanah kelahiran sendiri. Bapak Abraham mencapai kesuksesan di tanah terjanji. Kita pun pasti meraih kesuksesan di tanah rantau.

Setiap orang pingin sukses dalam bidang apapun. Kesuksesan tetangga menjadi pemicu sebagian besar orang di kampung halaman. Ketika kita melihat rumah mewah tetangga, punya mobil, pendidikan anak dan keluarga yang tinggi serta kemapanan finansial melahirkan jiwa perantau.


Perantau identik dengan kesuksesan. Memang sebagian besar perantau pulang kembali ke kampung halamannya dengan kemapanan finansial. Ada pun yang pulang kembali ke kampung halaman dengan kepala tertunduk. Gegara selama di tanah rantau, mungkin salah perhitungan ataupun terlibat dalam kehidupan kota metropolitan yang dikenal hedonisme.


Alasan merantau setiap orang pasti berbeda-beda. Akan tetapi, mempunya satu tujuan yakni mendapatkan kehidupan yang layak dari sebelumnya.


Tentu kita semua adalah perantau. Kita rela meninggalkan kampung halaman kita sendiri. Ada yang memilih untuk meninggalkan tanah air tercinta dan mencari emas di negeri orang. Selain mencari emas dan kemapanan hidup juga mencari ilmu pengetahuan.


Ribuan mil kita meninggalkan kesunyian kampung halaman demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik.


Akan tetapi, seorang perantau pun pasti mengalami krisis. Karena apa yang diceritakan oleh mereka itu yang berkaitan dengan manis-manisnya. Sementara, yang pahit mereka tidak pernah menceritakannya.


Dan ketika kita sampai di tanah rantau, di sanalah baru kita tahu arti sebuah perjuangan. Ada pun yang menggunakan segala macam cara untuk meraih kesuksesan. Ada pun yang sudah berpuluh-puluh tahun berada di tanah rantau, tapi secuil kesuksesan pun tak bersahabat dengannya.


Ketika kita mengalami kejadian seperti ini, sebagai orang yang berasal dari desa, kita mulai mencari kambing hitam alias menyalahkan orang lain bahwa ia menggunkan ilmu-ilmu hitam. Padahal kesuksesan setiap orang itu berbeda. Toh kelahiran kita pun berasal dari rahim yang berbeda-beda. Anak kembar sekalipun pasti tidak pernah sama dalam hal meraih kesuksesan.


Lalu apa yang kita lakukan untuk meraih kesuksesan? Tentu banyak jalan menuju ke Roma. Setiap dari kita tahu kapasitas dirinya di bidang apa. Ketika kita sudah menemukan jalan hidup kita, niscaya siapapun tak akan pernah menghalangi kita. Karena alam semesta sudah koneksi dengan jalan hidup kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN