Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Penikmat Aksara Dari Haumeni

Anak kampung pedalaman Haumeni, Timor - NTT yang hanya bisa mengolah pikir, rasa dan olahraga dalam memaknai seni kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Terasingnya Generasi Tua dari Panggung Industri

23 Oktober 2020   01:31 Diperbarui: 23 Oktober 2020   20:08 299 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terasingnya Generasi Tua dari Panggung Industri
Pixabay;

90% usia produktif adalah milik generasi kelahiran tahun 1990-an. Sesuai riset yang saya lakukan di salah satu Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang pemasaran online shop, 90% karyawan/karyawatinya adalah generasi kelahiran 1990-an. Metode riset yang saya gunakan adalah  kualitatif. Metode ini berangkat dari keresahan saya akan banyaknya artikel yang membahas mengenai puncaknya usia produktif generasi muda di zaman digitalisasi.

Kehadiran zaman digital membawa berita baik dan buruk. Berita baik karena lapangan pekerjaan/ startup semakin bermunculan. Berita buruknya adalah terjadinya pergeseran tenaga kerja usia muda dan tua. 

Di mana, hasil riset yang saya lakukan selama bulan Juli - sekarang di PT. Kokoh Mitra Makmur, menunjukkan trend positif bagi tenaga kerja usia muda yang semakin meningkat setiap bulan. 

Sementara, di sisi lain, terjadinya penurunan tenaga kerja usia tua. Karena adanya benturan paham. Di mana usia muda yang memiliki jiwa fleksibel dan beradaptasi dengan kehadiran teknologi semakin survival dengan pekerjaannya. Sementara, tenaga kerja usia tua yang masih mempertahankan cara lama, satu per satu meninggalkan pekerjaannya dengan aneka alasan klasik.

Saya menggunakan metode kualitatif karena saya adalah karyawan tetap di PT. Kokoh Mitra Makmur. Sekadar informasi bahwa jumlah karyawan PT. Kokoh Mitra Makmur sekarang berjumlah 80-an orang. 

Jumlah karyawan sebanyak ini adalah usia muda kelahiran 1990-an. Letak PT. Kokoh Mitra Makmur ada di Jl. Pergudangan Bandara Permai, no.19-20. Saat ini PT.Kokoh Mitra Makmur memiliki 2 gudang. 

Pertama kali saya bekerja, jumlah tenaga kerja usia tua hanya 3 orang. Sekarang ketiga orang ini sudah keluar. Karena selain usia juga tiadanya kecocokaan dalam bekerja. Maklum mayoritas pekerja adalah usia muda yang energik dan sepaham. Jadi, komunikasi lancar.

Komunikasi adalah jembatan menuju pemahaman antara pemiliki perusahaan, pekerja dan pelanggan. Karena PT. Kokoh Mitra Makmur bergerak di bidang online. 

Online berarti segala sesuatu dikendalikan oleh jaringan internet. Semangat revolusi industri 4.0 selalu menggetarkan jiwa-jiwa muda untuk terus berinovasi dalam memajukan perusahaan startup yang baru setahun eksis/berdiri.

Sekiranya, hasil riset sederhana ini dapat memberikan wawasan bagi setiap orang yang sedang bekerja untuk terus mengupgrade diri. Karena setiap zaman selalu mempunyai cara dan kejayaannya tersendiri. Yang terpenting bagi kita adalah bisa mengikutinya (beradaptasi) terhadap teknologi. Oleh karena itu, milikilah semangat untuk mencari tahu segala sesuatu. Terutama bagi generasi tua yang susah mengikuti zaman.

VIDEO PILIHAN