Mohon tunggu...
Frans
Frans Mohon Tunggu... Lainnya - Pegawai Negeri

Mengisi waktu luang dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pengalaman Berbicara Menggunakan Bahasa Prancis dengan Orang Asli Prancis

14 Agustus 2022   22:43 Diperbarui: 18 Agustus 2022   12:24 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Halo, Sobat Pembaca !!!

Apa kabar ??? Saya harap para sobat pembaca selalu diberi kesehatan dan rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, pada blog ini saya ingin membagikan pengalaman saya berbicara menggunakan bahasa Prancis dengan orang asli Prancis.

Saya tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan ini untuk mempratekkan langsung bahasa Prancis  dengan orang asli Prancis. Karena, pada awalnya saya hanya berbicara bahasa Prancis dengan guru kursus saya dan teman saya melalui zoom dan discord.

Saya bertemu dengan beliau ketika saya baru selesai tes kemampuan berbahasa Prancis di Alliance Francaise Medan. Jadi,  Alliance Franaise adalah lembaga yang mengajarkan bahasa dan budaya Prancis di luar negara Prancis.

Kebetulan, saya mengobrol dan berbincang-bincang dengan salah satu staff Alliance Franaise Medan. Staff Alliance Francaise Medan banyak memberikan informasi mengenai informasi untuk berkuliah di negara Prancis.

Disaat sedang mengobrol, tiba-tiba direktur Alliance Francaise Medan yang kebetulan merupakan orang asli Prancis menghampiri staff Alliance Francaise Medan untuk berbicara dan menanyakan sesuatu. 

Awalnya, saya gugup  untuk menyapa beliau dengan bahasa Prancis.Tetapi saya memberanikan diri menyapa beliau menggunakan bahasa Prancis karena ini merupakan kesempatan yang bagus untuk melatih bahasa Prancis langsung dengan orang asli Prancis.

Akhirnya, saya menyapa beliau menggunakan bahasa Prancis  "bonjour, madame" yang artinya "halo, ibu". Ternyata, beliau merespon saya positif dan antusias membalas dengan "bonjour" juga.

Dari situ, beliau menanyakan mengapa saya belajar bahasa Prancis dan bagaimana cara saya belajar bahasa Prancis. 

Saya pun menjelaskan kepada beliau bahwa saya belajar bahasa Prancis karena saya suka dengan aksen bahasanya yang khas dan beberapa katanya mirip dengan bahasa Inggris. Saya juga mengikuti kursus online dan memiliki teman-teman online yang bisa juga berbahasa Prancis 

Momen yang paling saya ingat dari bincang-bincang dengan beliau adalah beliau sangat terpukau dan mengapresiasi saya, walaupun saya berdinas di kota kecil di Aceh, saya tetap bisa belajar bahasa Prancis. Ini membuktikan bahwa kita bisa belajar tanpa batas dimanapun, sekalipun di pelosok negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun