Mohon tunggu...
Fransisco Xaverius Fernandez
Fransisco Xaverius Fernandez Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Praya Lombok Tengah NTB

cita-cita menjadi blogger Kompasiana dengan jutaan pembaca, penulis motivator kerukunan dan damai sejahtera. selain penulis juga pengurus FKUB Kabupaten, Pengurus Dewan Pastoral Paroki Gereja Katolik Lombok Tengah NTB.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Tips Bahagia Menyambut Hari Termasuk Hari Senin

21 November 2022   02:00 Diperbarui: 21 November 2022   06:33 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Fransisco Xaverius Fernandez

Tips ini ditujukan untuk para pekerja dan PNS/ASN kebanyakan yang ekonominya masuk golongan menengah ke bawah.

Kalau tips gabut senin bagi kaum atas sih gampang di 'rayakan'. Misalnya dengan pijat refleksi setelah kerja di hari senin. Atau ikut kelas yoga atau kegiatan yang bisa mengembalikan mood kita.

Pertama, bagi 'pekerja kebanyakan', hari minggu adalah hari penenangan.

Karena sudah bekerja selama enam hari. Mau pergi berlibur atau pesiar ke tempat wisata, bagi sebagian besar dari kita masih merupakan barang berharga. Untung-untung bisa sebulan sekali. Enam bulan sekalipun sudah syukur.

Maka manfaatkan untuk menenangkan diri , berkebun jika ada tanah. Atau bermain bersama keluarga di tempat yang murah dan dekat rumah. Bagi kami di Praya, ada beberapa taman bermain di dekat rumah kami. Ada taman yang dibuat oleh Pemerintah Daerah, ada pula yang dibangun oleh kelurahan atau desa setempat. Cukup baik untuk tempat berkumpul keluarga.

Manfaatnya selain untuk refreshing, juga memanfaatkan waktu penuh bersama keluarga. Tidak menyebabkan kelelahan fisik seperti jika kita pergi ke tempat wisata yang cukup jauh.

Kedua, Persiapkan Tugas Untuk Hari Esok.

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi hari esok. Persiapan di sini maksudnya adalah, mengecek kembali jika ada tugas yang belum diselesaikan. Apa saja yang bisa direncanakan untuk hari senin atau hari esok.

Jika badan tidak capek, biasanya pikiran kita juga tenang dan fresh. Akibatnya semua terlihat jelas. Kemudian kita tidur dengan tenang dan damai. Usahakan tidur secepatnya. Otak kita membutuhkan ketenangan setelah  terprogram untuk stress setiap hari senin. Tapi dengan kejutan kesiapan ini membuat otak kita tenang kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun