Mohon tunggu...
Fransisco Xaverius Fernandez
Fransisco Xaverius Fernandez Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Praya Lombok Tengah NTB

cita-cita menjadi blogger Kompasiana dengan jutaan pembaca, penulis motivator kerukunan dan damai sejahtera. selain penulis juga pengurus FKUB Kabupaten, Pengurus Dewan Pastoral Paroki Gereja Katolik Lombok Tengah NTB.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Misteri Kelas yang Hilang

17 Februari 2022   12:46 Diperbarui: 17 Februari 2022   13:12 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekarang tentang kisah masa remajaku.

Dari SMP sampai SMA aku tinggal bersama orang tuaku di Mujur. Salah satu kota kecamatan di Lombok Tengah, tepatnya di Kecamatan Praya Timur.

Tamat Sekolah Dasar, sebenarnya aku langsung daftar dan ikut tes masuk salah satu SMP di kota Mataram. Namun tidak lulus. Waktu itu aku mau nekad mondok, namun mamaku agak keberatan. Mau tinggal di keluarga juga sulit karena mereka rata-rata memiliki banyak anak atau kurang mampu, nanti malah memberatkan.

Setelah tahu bahwa aku tidak lulus tes masuk SMP Mataram, justru kedua orangtuaku kegirangan. Maka resmilah aku di sekolahkan pada suatu sekolah persiapan negeri Mujur  (sekarang namanya SMPN 1 Praya Timur di Mujur).

Sebenarnya aku agak telat mendaftar karena proses pemindahan orang tua. Namun karena sebagai salah satu apparat, maka diterimalah aku di sana.

Aku kaget karena jumlah kelas 1 SMP waktu itu ada sepuluh kelas dan masing-masing kelas berisi hampir 45-48 orang. Padat banget. Ditambah lagi kami meminjam SD, jadi sekolahnya sore hari.

Tapi untungnya semester kedua , kami sudah pindah ke gedung baru milik sendiri. Dan kami pun resmi menjadi siswa SMP Negeri Mujur. Siswanya berasal dari seluruh desa di kecamatan Praya Timur. Ditambah lagi ada beberapa siswa dari kecamatan lain terdekat.

Anehnya jumlah sepuluh kelas itu bisa berkurang sampai menjadi enam kelas dalam waktu Satu semester. Sampai sekarang aku masih merenung kenapa waktu itu kami tidak sadar ya?

Menurut penuturan teman-teman yang aku tanya, jawaban mereka bahwa teman-teman tersebut banyak yang berhenti. Sebagian besar dari mereka adalah karena menikah. Sebagian kecil karena pindah atau meninggal dunia (termasuk salah satu teman sekelasku). Misteriku sampai sekarang adalah kami tidak sadar kapan mereka tidak masuk, tiba-tiba saja jumlah siswa berkurang. Lalu kelas di marger.

Salah satu indikator kami saat itu adalah ketika ada siswa yang tidak masuk tanpa keterangan sampai tiga hari. Maka sudah bisa dipastikan berhenti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun