Mohon tunggu...
Pendidikan

Karakteristik Media Baru

21 Agustus 2018   02:06 Diperbarui: 28 Agustus 2018   11:07 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Istilah media baru muncul pada akhir tahun 1980-an. Munculnya istilah tersebut membuat dunia media dan komunikasi mengalami perkembangan karena teknologi mulai digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Selain perkembangan media, lingkungan sosial budaya juga mengalami perubahan yang besar pada produksi media, distribusi, hingga penggunaan dari media tersebut. Berikut beberapa perubahan sosial, ekonomi, dan budaya terkait dengan media baru:

1. Pergeseran era modernitas menuju posmodernitas, yakni adanya perubahan secara struktural dalam kehidupan masyarakat dan ekonomi sejak tahun 1960-an. Media baru dianggap sebagai penanda dari perubahan estetika dan ekonomi.

2.Mengintensifkan proses globalisasi, yakni penyebaran informasi kepada negara lain terkait perdagangan, organisasi perusahaan, dan kebudayaan.

3.Masa posindustrial, yakni terjadinya pergeseran perusahaan, investasi, serta barang-barang material yang dapat diperoleh dari media baru.

4.Melemahnya mekanisme kekuasaan dan kontrol dari pusat kolonial Belanda.

Media baru seolah-olah merujuk pada media digital dan elektronik yang merujuk pada suatu mesin, komunikasi dengan menggunakan medium komputer. Berbeda dengan saat ini, media baru dinilai sebagai internet yang memiliki kelebihan melalui sarana yang dimiiki, seperti proses penyimpanan online dan distribusi informasi dalam bentuk kode biner digital. 

Media baru juga memberikan peningkatan produktivitas, bidang pendidikan, serta sarana komunikasi yang lebih kreatif. Terdapat beberapa tanda atau hal yang merujuk pada media baru:

1.Pengalaman tekstual baru (bentuk hiburan, kesenangan, dan pola konsumsi yang baru (permainan komputer dan film)

2.Beberapa cara baru untuk mewakili dunia, menawarkan pengalaman dan representasional yang baru (lingkungan virtual dan multimedia interaktif)

3.Hubungan baru antara subjek dan teknologi media. Adanya perubahan dalam penggunaan dan penerimaan gambar dan media komunikasi.

4.Adanya pergeseran dalam pengalaman pribadi dan sosial tentang waktu, ruang, dan tempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun