promosi. Melalui kegiatan promosi, peluang pengembangan bisnis Anda akan terbuka lebar.Â
Saat membuka usaha, banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik pelanggan, salah satunya adalahMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan melalui pameran, iklan, demonstrasi, dan upaya persuasi lainnya. Selain untuk meningkatkan penjualan, kegiatan promosi merupakan kesempatan untuk memperkenalkan produk atau perusahaan baru agar dapat menjangkau masyarakat luas.
Berikut adalah manfaat melakukan promosi.
1. Perlunya branding
Branding digunakan sebagai  strategi pemasaran. Tujuan dari branding adalah untuk menciptakan identitas merek agar  mudah dikenali dan diingat orang-orang yang menjadi target pemasaran. Merek dagang sering tercermin dalam logo, nama merek, atau produk yang dipasarkan untuk menonjolkan manfaat merek.
2. Pengenalan produk baru
Manfaat kegiatan promosi selanjutnya adalah  pengenalan produk inovatif terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selain itu, promosi juga dapat membantu mempromosikan kembali produk lama yang belum terjual sehingga cepat laku di pasaran.
3. Meningkatkan daya saing perusahaan
Promosi juga dapat  bermanfaat sebagai sarana benchmarking terhadap pesaing. Jika bisnis Anda dan pesaing Anda beriklan, calon pelanggan dapat membandingkan harga, kualitas, layanan, dan beberapa bahan lain yang Anda miliki dengan kompetitor sejenis.
4. Meningkatkan penjualan dan profit perusahaan
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, manfaat utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.Â
Seringkali, kegiatan promosi dapat meningkatkan penjualan, baik dari cross sell maupun up sell. Promosi yang menarik tentunya dapat menarik calon pelanggan baru. Peningkatan jumlah konsumen tersebut tentunya turut meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan.
5. Meningkatkan nilai brand perusahaan
Manfaat terakhir yang diperoleh saat melakukan promosi adalah meningkatkan nilai citra merek atau brand value perusahaan.
Misalnya, jika sebuah perusahaan menggandeng isu lingkungan dalam bisnisnya dan menerapkan green marketing, orang-orang dengan visi yang sama akan memiliki persepsi bahwa perusahaan peduli terhadap lingkungan.
Karena pandangan positif tersebut, mereka akan membeli produk dari perusahaan Anda.
Itulah beberapa cara agar produk Anda dikenal oleh lebih banyak orang, semoga bermanfaat ya!