Firmansyah
Firmansyah Teacher, Free-Time Blogger

I'm a teacher. Currently I teach English, Arabic and several Arabic-related lessons. In my leisure, I love to do blogging, traveling and photography. Visit my blog > www.bangfirman.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menyusuri "The Little Green Canyon", Sekeping Surga Tersembunyi di Pandeglang, Banten

10 November 2018   21:54 Diperbarui: 11 November 2018   09:18 354 4 4
Menyusuri "The Little Green Canyon", Sekeping Surga Tersembunyi di Pandeglang, Banten
Pegipegi Yuk! ke Curug Putri, The Little Green Canyon di Carita, Pandeglang, Banten.


"Ahhh... I know Bali, but where is Indonesia?"

Sedih gak sih kalau dengar ada 'bule' atau turis mancanegara yang ngomong begitu? Saya sih sedih banget. Tapi, itu memang fakta yang ada. Beberapa 'bule' atau turis mancanegara memang merasa lebih familiar dengan Bali daripada Indonesia. Dengan kata lain, Bali itu lebih populer daripada nama negaranya sendiri, yaitu Indonesia.

Miris banget, kan? hiks ...

Dari hal tersebut sebenarnya kita bisa lebih belajar dan lebih menyadari bahwa ada sesuatu yang spesial dari Bali yang juga harus dimiliki oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia agar lebih populer dan dikenal oleh banyak orang termasuk turis mancanegara. Maka dari itu, pemerintah pun dalam hal ini melalui Kementerian Pariwisatanya selalu berupaya meningkatkan branding pariwisata Indonesia ke mata dunia melalui program-program Wisata Indonesia yang diusung setiap tahunnya.

Eiitss, tapi tunggu dulu. Walau begitu, branding pariwisata itu tidak hanya bisa dilakukan dan dikembangkan oleh pemerintah saja lho. Kita pun sebagai warga negara bisa ikut mempromosikan tempat wisata yang ada di daerah kita masing-masing agar lebih populer dan lebih dikenal oleh banyak orang. 

Sebagai orang Indonesia, tentunya kita patut bersyukur karena tinggal di negeri yang terhampar luas dari Sabang hingga Merauke dan memiliki banyak kekayaan alam serta keberagaman. Berbagai daerah dapat kita kunjungi dan jelajahi sebagai bentuk rasa syukur atas keindahan alam Indonesia. Kalau boleh saya bilang, lebih baik kita berbangga karena pernah berkeliling menjelajahi setiap sudut Indonesia, daripada berlomba-lomba bepergian ke luar negeri. Setuju?

Nah, kebetulan sebentar lagi kita akan kedatangan momen Libur Akhir Tahun nih. Pastinya, momen tersebut bisa jadi saat yang tepat untuk merayakan Libur Tahun Baru bersama orang-orang terdekat dan tersayang. Kamu sudah punya planning kemana nih libur akhir tahun ini? Kalau kamu masih bingung, saya punya rekomendasi tempat wisata 'surga tersembunyi' yang daya tarik keindahan alamnya tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata lainnya yang sudah terkenal. 

Penasaran? Sebut saja 'surga tersembunyi' itu Curug Putri atau The Little Green Canyon of Banten

Berkenalan dengan Curug Putri, The Little Green Canyon of Banten.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang pengalaman momen seru saya ketika Explore Banten dan mengunjungi salah satu spot 'surga tersembunyi' di tanah Banten, tepatnya di Carita, Pandeglang pada libur tahun baru 2018 yang lalu. Seperti yang sudah saya beritahu sebelumnya, spot tempat wisata yang saya kunjungi saat itu adalah Curug Putri Tahura atau The Little Green Canyon of Banten

Ada yang penasaran mengapa disebut The Little Green Canyon of Banten?

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Kamu pasti tau Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat kan? Di Indonesia, tepatnya di Pangandaran, Jawa Barat juga ada istilah 'The Green Canyon', 'Green' lho ya bukan 'Grand' yang disematkan kepada Cukang Taneuh, tempat wisata bernuansa aliran sungai berwarna hijau kebiruan hingga ke tebing-tebing dan gua-gua kecil yang menghiasi sekelilingnya, tempat wisata tersebut terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Spot wisata ini cukup menjadi magnet daya tarik wisata di Kabupaten Pangandaran.

Nah, Curug Putri Tahura (Taman Hutan Raya) di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang ini pun tidak kalah menorehkan kesan yang indah dan memiliki kemiripan nuansa dengan Cukang Taneuh di Pangandaran, namun dalam skala atau ruang lingkup yang lebih kecil dengan tebing-tebing yang lebih sempit. Maka dari itu, orang-orang pun menyebutnya 'The Little Green Canyon'. 

Serunya Hiking dan Segarnya Bermain Air di Curug Putri.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Curug Putri terletak di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Carita, Pandeglang, Banten. Curug Putri ini merupakan destinasi surga tersembunyi di Pandeglang. Spot wisata ini memang masih belum banyak diketahui oleh orang, mungkin hanya familiar di kalangan traveler dan pemuda-pemudi provinsi Banten dan sekitarnya. Selain lokasinya yang memang masih cukup sulit dijangkau karena berada di hutan, keberadaan obyek wisata dengan nama yang sama membuat para traveler sedikit bingung dan rancu. Pasalnya, di Pandeglang memang ada dua nama Curug Putri, yang pertama terletak di lereng gunung Pulosari, sedangkan yang kedua adalah Curug Putri di Taman Hutan Raya Carita ini.  
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Karena lokasinya yang berada di dalam hutan (Taman Hutan Raya), jadi bisa dibayangkan bagaimana perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi utama Curug Putri ini. Beruntunglah bagi kamu yang memang memiliki hobi hiking, karena untuk menuju Curug Putri ini kita memang harus berjalan di dalam hutan sekitar 20-30 menit. Kamu hanya perlu sedikit mengeluarkan tenaga untuk berjalan menyusuri hutan dan aliran sungai.
Hiking sekitar 20-30 menit untuk mencapai lokasi Curug Putri. Dokumentasi Pribadi
Hiking sekitar 20-30 menit untuk mencapai lokasi Curug Putri. Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Rasa lelah tentunya tidak akan terasa jika kita melakukan hiking dengan bergembira bersama teman-teman. Yang ada hanyalah keseruan menikmati pemandangan hutan dan sungai sambil menghirup udara segar dari pepohonan. Di dalam Taman Hutan Raya Carita ini pun sudah dipasang banyak papan peringatan untuk mengingatkan para pengunjung, seperti peringatan akan adanya jurang, rawan tanah longsor dan larangan membuang sampah dan lain sebagainya.
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Selama  perjalanan menuju ke lokasi Curug Putri, sambil terus mengikuti aliran sungai kita pun akan bertemu dengan beberapa Curug lainnya, seperti Curug Gendang yang saya sambangi ketika beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Waktu istirahat saat itu pun tidak lupa saya manfaatkan untuk memotret suasana sungai dan sekitarnya.
Curug Gendang di kawasan Tahura. Dokumentasi Pribadi
Curug Gendang di kawasan Tahura. Dokumentasi Pribadi
Beristirahat sambil memotret suasana Curug Gendang dan sekitarnya. Dokumentasi Pribadi
Beristirahat sambil memotret suasana Curug Gendang dan sekitarnya. Dokumentasi Pribadi
Walaupun namanya curug alias air terjun, tetapi yang paling mendominasi di Curug Putri ini adalah aliran sungainya. Istimewanya, Curug Putri ini memiliki air terjun kecil berbentuk kolam dan airnya mengalir. Nah, kolam dan sungai di Curug Putri ini mengalir di dalam celah sempit diantara tebing batu yang tinggi. Dengan kondisi yang seperti ini, jadi pastinya mengingatkan kita kepada Green Canyon Pangandaran atau Cukang Taneuh yang juga memiliki karakteristik serupa, apalagi ditambah dengan kegiatan yang ditawarkan di tempat ini, seperti Body Rafting dan berenang.
Aliran sungai dengan kolam di Curug Putri. Dokumentasi Pribadi
Aliran sungai dengan kolam di Curug Putri. Dokumentasi Pribadi
Bermain air dan merasakan segar dan sejuknya aliran sungai di Curug Putri ini memang memberikan kebahagiaan tersendiri. Serunya menyusuri sungai dengan celah sempit  di antara tebing-tebing batu adalah sensasi yang luar biasa mengasyikkan, apalagi jika kita melakukannya bersama teman dan kerabat. Saya sendiri merasa terpukau dengan keindahan alam yang ditawarkan The Little Green Canyon ini, di samping itu adrenalin saya pun sedikit diuji ketika harus melintasi aliran sungai yang agak dalam. Tapi tenang, karena kita bisa menggunakan pelampung di sana untuk keamanan dan kenyamanan. 
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Sungguh pengalaman yang seru dan tak terlupakan! 

Berkat keindahan alam dan daya tarik yang memukau yang dimiliki Curug Putri ini, serta lokasinya yang cukup tersembunyi di antara lebatnya Taman Hutan Raya Carita, sepertinya tidak berlebihan jika pada akhirnya saya pun menyebutnya sebagai The Hidden Paradise of Banten.

Traveling ke Curug Putri Bareng Pegipegi Yuk!

Bagaimana? Seru kan perjalanan saya ke Curug Putri? Pasti kamu jadi ikut membayangkan betapa segar dan sejuknya bermain air di The Little Green Canyon ini. Tunggu apa lagi, yuk datang ke Curug Putri yang memesona ini. 

Bingung bagaimana akses menuju ke sana? Tenang. Untuk dapat sampai ke destinasi Curug Putri atau The Little Green Canyon ini, kita bisa lalui tiga pilihan rute, jika kita start dari Jakarta dan sekitarnya, yaitu:

  1. Jakarta-Tangerang-Serang-Cilegon-Anyer-Carita
  2. Jakarta-Tangerang-Serang-Pandeglang-Carita
  3. Jakarta-Tangerang-Rangkasbitung-Pandeglang-Carita

Perjalanan menuju ke Carita melalui ketiga jalur tersebut sudah didukung dengan akses jalan yang cukup baik, aspal dan juga cor. Jika kita menggunakan Google Maps, kita bisa dengan mudah menemukan gang masuk dari jalan raya Carita-Anyer (pinggir pantai) menuju ke Curug Putri. Selanjutnya, untuk menuju ke lokasi Curug Putri kita bisa menggunakan sepeda motor, membawanya secara pribadi atau pun menyewanya di kawasan Carita.

Terus bingung apa lagi? Bingung mencari hotel atau homestay? Tenang. Gak usah bingung, kan ada Pegipegi. Hehe. Di Pegipegi kita bisa mencari dan memesan hotel di kawasan Carita, Pandeglang dengan mudah. Tersedia beberapa pilihan rentang harga yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan, mulai dari hotel bintang 2 sampai hotel bintang 5. 

Jadi, gak ribet lagi untuk menuju lokasi Curug Putri nantinya. 

Pencarian Hotel di kawasan Carita, Pandeglang dengan Pegipegi.com
Pencarian Hotel di kawasan Carita, Pandeglang dengan Pegipegi.com
Pencarian Hotel di kawasan Carita, Pandeglang dengan Pegipegi.com
Pencarian Hotel di kawasan Carita, Pandeglang dengan Pegipegi.com
Selain booking dan informasi seputar hotel, di situs dan aplikasi Pegipegi kita juga bisa mendapatkan informasi lainnya lho, seperti tips traveling dan liburan, booking pesawat dan kereta api, rekomendasi tempat wisata, rekomendasi kuliner, promo-promo dan berbagai informasi menarik lainnya, sangat informatif dan mudah bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2