Mohon tunggu...
Florensia Prihandini
Florensia Prihandini Mohon Tunggu... Penulis - Lifestyle Blogger

Hobi cerita di sini dan di blog bundanyacinta.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

UMKM Go Digital, Profit Makin Maksimal!

3 Desember 2022   21:51 Diperbarui: 3 Desember 2022   22:40 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Instagram Bundanyacinta.bakery, dok. pribadi

Welcome to celotehan Bundanya Cinta, single mom yang gak bisa diem. Gimana mau diem coba, kalau semua kegiatan dihajar sekaligus: kerja, dagang kue, nulis di blog, bikin buku, dan ngurusin anak dong tentunya.

Iya, dengan keadaanku yang single parent ini, aku harus lebih giat untuk berdaya (baca: cari cuan) untuk menafkahi diri sendiri dan juga anakku. Mengandalkan orang lain? Gak deh, hehehe....

Jadi wanita berdaya, apalagi memiliki lebih dari satu keran penghasilan, tentu membuatku bisa memiliki lebih banyak pilihan dalam hidup. Tidak terlalu pusing memikirkan kebutuhan-pemenuhan kebutuhan sekunder, biaya untuk healing/ jalan-jalan dengan anak, serta biaya untuk kebutuhan les atau kegiatan ekstrakulikuler anak yang jumlahnya gak sedikit itu, hiks.

Salah satu usaha sampinganku selain pekerjaan utama sebagai marketing di perusahaan retail, yaitu dengan usaha UMKM kuliner, lebih spesifiknya yaitu produksi dan berjualan aneka kue dengan sistem preorder. Seperti kue kering, cake ulang tahun, roti, donat, risoles, dan masih banyak lagi.

Brand yang kubuat adalah @bundanyacinta.bakery

Sebetulnya, aku sudah mulai berjualan aneka kue sejak masih sekolah SMK. Tapi, dulu itu aku jualan hanya untuk iseng-iseng, tidak benar-benar serius ditekuni hingga punya brand sendiri, punya stiker label, apalagi kemasan khusus. Pemasaran saat itu juga masih secara tradisional, yaitu mengandalkan testimoni dari mulut ke mulut. Jadi, kalau kata anak zaman now tuh yang TTA, alias yang tau-tau-aja, hehehe.

Maklum, waktu itu tekadku belum kuat karena tidak ada motivasi yang membuatku segigih sekarang. Ketika sudah menjadi single mom, anak semakin besar (yang artinya kebutuhannya juga semakin banyak), sadarlah aku bahwa mengandalkan pekerjaan utama saja tidaklah cukup. Akhirnya aku bertekad dan memberanikan diri untuk lebih serius dalam menjalani usaha kue yang selama ini kugeluti.

Beberapa langkah yang kulakukan untuk lebih serius menjalani usaha ini diantaranya adalah dengan investasi pada peralatan seperti oven gas dan stand mixer, memperbarui dan memperbanyak jenis kue yang dijual, upgrade kemasan, serta yang paling penting adalah: go digital.

Yes, go digital merupakan salah satu upaya Bundanyacinta Bakery yang paling terasa manfaatnya bagiku sebagai CEO (eciyeh) dalam memperluas jaringan, menambah pelanggan baru, dan otomatis memperbanyak cuan dari penjualan.

Jujur, mengubah metode pemasaran dari yang awalnya tradisional dari mulut ke mulut, menjadi secara digital, di awal terasa tidak mudah. Apalagi buat aku yang dulu belum punya perangkat mumpuni untuk membuat foto produk yang menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun