Mohon tunggu...
Fiki Nurdiana
Fiki Nurdiana Mohon Tunggu... Administrasi Pendidikan 2018

Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hilangnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di dalam Pendidikan Sekolah Dasar (SD)

14 April 2021   13:05 Diperbarui: 14 April 2021   13:11 316 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hilangnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di dalam Pendidikan Sekolah Dasar (SD)
20210330-094355-607687e28ede4848dc4c1fa2.jpg

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak lagi memasukkan mata pelajaran bahasa Inggris ke dalam mata pelajaran wajib bagi siswa sekolah dasar (SD) dalam kurikulum 2013 dan telah diberlakukan sejak tahun ajaran 2013/2014. Menurut Nisa (2020) di dalam Permendikbud No. 67 Th 2013 tentang kurikulum sekolah dasar (SD) halaman 9 - 10, sama sekali tidak disinggung keberadaan mata pelajaran bahasa Inggris di SD dan karna dari sinilah muncul beberapa pertanyaan apakah pendidikan bahasa inggris digantikan dengan muatan lokal, ekstrakulikuler, atau memang benar ditiadakan. Lantas bagaimana dengan nasib guru-guru bahasa inggris sekolah dasar di Indonesia ?

Berdasarkan permasalahan di atas, menurut Nisa (2020) Kementerian Pendidikan pada tahun 2014 Merevisi kurikulum 2013 untuk menyempurnakan kurikulum tersebut, dimana untuk sekolah yang belum siap secara structural dan sumber daya masih dapat menggunakan KTSP sebagai panduan. Dan dari situasi tersebut sekolah-sekolah  yang masih menggunakan KTSP dan sekolah-sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013 tetap memasukan mata pelajaran bahasa inggris sebagai muatan lokal (mulok). Namun pada saat ini tidak sedikit sekolah dasar yang menghilangkan mata pelajaran bahasa inggris karena tidak sudah tidak termasuk kedalam kurikulum wajib, sehingga beberapa sekolah di Indonesia tidak hanya sekolah dasar di perkotaan bahkan sekolah dasar di perdesaan menghilangkan pendidikan bahasa inggris. Padahal pendidikan bahasa inggris pada sekolah dasar sangat penting bagi pendidikan siswa.

Pentingnya mata pelajaran bahasa inggris 

Menurut Aedi, N & Amaliyah, N(2016:195) dalam Maili (2018) mengatakan bahwa " Di era globalisasi dan instant sekarang ini, peserta didik mulai dari anak usia sekolah dasar bahkan anak usia dini (PAUD) dan TK sudah dituntut bersaing dalam mata pelajaran bahasa Inggris ." artinya pendidikan bahasa inggris sangat penting bagi pendidikan dasar anak sebagai bekal untuk mempelajari bahasa inggris ke tahap atau tingkatan selanjutnya agar tidak tertinggal karena  di zaman globalisasi yang modern seperti saat ini hampir semua system menggunakan bahasa inggris dalam pengoperasiannya dan bahasa inggris merupakan bahasa global, bahasa internasional yang di pakai oleh berbagai negara untuk bisa saling berkomunikasi yang artinya sangat penting untuk diajarkan bahkan sejak anak masih duduk di bangku sekolah dasar untuk menhindari ketertinggalan.

Pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar dan sekolah menengah memang berbeda, tapi pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar dapat membantu siswa mendapatkan pendidikan bahasa inggris dengan cara yang benar di tingkat dasar sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangannya, sehingga ketika anak- anak sekolah dasar melanjutkan pembelajaran bahasa inggris pada tingkat menengah mereka mudah menerima pembelajaran bahasa inggris karena telah mengenal bahasa inggris sejak sekolah dasar dan tidak akan mudah tertekan secara psikologis dan perkembangan kognitif mereka ketika mempelajari pembelajaran bahasa inggris di sekolah menengah.

Kesimpulan 

            Pembelajaran bahasa inggris sangat penting untuk dikenalkan dan di pelajari sejak anak masih dalam usia dini, atau anak pada tingkat sekolah dasar, hanya saja pembelajaran bahasa inggris yang di berikan harus sesuai dengan tingkatan kognitif siswa dan materi yang diajarkan hanyalah pendidikan dasar atau pengenalan bahasa inggris kepada siswa. Untuk itu menghilangkan mata pelajaran bahasa inggris bukanlah pilihan yang tepat, siswa harus tetap mempelajari bahasa inggris namun harus sesuai dengan proporsinya, solusinya pembelajaran bahasa inggris harus tetap ada dan untuk pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar seorang guru harus mampu mengembangkan kemampuan mengajarnya dengan menyesuaikan kapasitas yang dapat diterima oleh siswa sekolah dasar seperti menciptakan iklim berbahasa di dalam kelas mulai dari sapaan, ucapan terima kasih, awal untuk memulai dan menutup pembicaraan, ketika hendak bertanya dan menjawab pertanyaan, mengajarkan kosa kata dengan nyanyian, membaca dan berhitung, memperkenalkan lingkungan sekitar dengan bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris dasar lainnya.

Sumber :

Maili, S. N. (2018). B ahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28.

Nisa, I. F. (2020, March). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

VIDEO PILIHAN