Mohon tunggu...
Fitriyani Sinaga
Fitriyani Sinaga Mohon Tunggu... Pembelajar

Informasi dan pengetahuan Mari berpengetahuan https://www.kompasiana.com/Forest Space https://www.kompasiana.com/Fotriyanisinaga IDN.Times/FitriyaniSinaga Www.kesah.id Ruanghutani.bloggspot.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Pengantar Seri Belajar, Tumbuhan Bawah yang Terabaikan

11 Juni 2020   19:39 Diperbarui: 11 Juni 2020   20:07 61 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengantar Seri Belajar, Tumbuhan Bawah yang Terabaikan
sumber gambar: unsplash.com

Keanekaragaman hayati juga disebut dengan biodiversitas. Biodiversitas merujuk kepada keseluruhan atau total variasi kehidupan yang meliputi bentuk, jumlah, dan karakteristik lain yang terdapat di tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

Faktor yang memengaruhi keanekaragaman hayati ada dua, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan alam. Perubahan atau perkembangan karena dua faktor ini disebut sebagai evolusi alamiah.

Karena jumlah manusia semakin banyak dan menempati daerah yang semakin luas. Evolusi alamiah itu kini makin dipengaruhi oleh perilaku manusia.

Temuan teknologi membuat kemampuan manusia untuk mengubah lingkungan semakin besar. Pengubahan terjadi lewat ekploitasi sumberdaya alam seperti penebangan hutan, penambangan mineral yang bukan hanya mengubah bentang alam melainkan juga menimbulkan pencemaran. Pengubahan dan pencemaran akan mempemgaruhi jalannya evolusi alamiah.

Keanekaragaman sumber daya hayati tropikal Indonesia termasuk dalam golongan tertinggi di dunia, jauh lebih tinggi daripada keanekragaman sumber daya hayati di Amerika maupun Afrika. Apalagi bila dibandingkan dengan daerah beriklim sedang dan dingin.

Jenis tumbuh-tumbuhan di Indonesia secara keseluruhan ditaksir sebanyak 25.000 jenis atau lebih dari 10 persen dari flora dunia.Lumut dan ganggang ditaksir jumlahnya 35.000 jenis. Tidak kurang 40 persen dari jenis-jenis ini merupakan jenis yang endemik atau jenis yang hanya terdapat di Indonesia saja.

Dari sekian banyak jenis-jenis tumbuhan yang ada sebagian besar terdapat di kawasan hutan tropika basah, terutama hutan primer, yang menutup sebagian besar daratan Indonesia. Hutan ini mempunyai struktur yang kompleks yang menciptakan lingkungan sedemikian rupa sehingga memungkinkan beranekaragam jenis dapat tumbuh di dalamnya. 

Jenis tumbuhan yang ada banyak terdapat di dalamnya jenis-jenis yang kisaran ekologinya sama, tetapi banyak pula yang berbeda. Jenis-jenis tertentu mempunyai kisaran penyebaran yang luas dan menduduki berbagai macam habitat dan seirama dengan itu pula jenis semacam ini biasanya mempunyai variabilitas genetika yang tinggi.

Biodiversitas Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan keanekaragaman hayatinya. Tak hanya itu, kekayaan pengetahuan pengobatan suku asli yang diwariskan dari generasi ke generasi juga banyak. 

Sayangnya pengetahuan tersebut tidak terdokumentasikan dengan baik dan dikhawatirkan akan terkikis seiring dengan hilangnya habitat alami dan punahnya tumbuhan berkhasiat obat terutama tumbuhan hutan akibat eksploitasi dan konversi lahan yang berlebihan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN