Assalamualaikum wr wb
Disini saya akan menjelaskan Filsafat Pendidikan materi bab Aliran Progresivisme beserta tokohnya.
1- Aliran Progresivisme
Progresivisme berasal dari "progres" memiliki arti kemajuan. Secara bahasa progresivisme dapat diartikan sebagai aliran yang menginginkan kemajuan-kemajuan secara cepat. Dalam konteks filsafat pendidikan, Progresivie merupakan suatu aliran yang menekankan bahwa pendidikan bukan hanya sekedar usaha pemberian kumpulan pengetahuan kepada subjek didik, akan tetapi sebaiknya berisi beragam aktivitas yang mengarah kepada pelatihan kemampuan berpikir secara menyeluruh.
Adapun sifat umum Aliran Progrevisisme dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: 1) sifat-sifat negatif, dan 2) sifat-sifat positif.
Dimaksud sifat negatif karena progresivisme menolak otoritasme dan absolutisme dalam segala bentuk, contohnya terdapat pada agama, politik, etika dan epistemologi. Sedangkan Dalma sifat positif, Â bahwa progresivisme menaruh kepercayaan terhadap kekuatan alamiah dari manusia.
Aliran ini telah muncul pada abad ke-19, namun berkembang secara pesat pada awal abad ke-20, terutama pada negara Amerika Serikat.
2- Tokoh-tokoh Aliran Progresivisme.
-William James (1842-1910)
Ia berkeyakinan bahwa otak atau pikiran, seperti pada aspek dari eksistensi  organik, harus mempunyai fungsi biologis dan nilai kelanjutan hidup. James menegaskan bahwa fungsi otak atau fikiran agar dipelajari sebagai mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan.
- John Dewey (1859-1952)