Mohon tunggu...
Fitri Manalu
Fitri Manalu Mohon Tunggu... Lainnya - huruf, kata, dan kalimat

Penyuluh Hukum | Pengarang | Blogger | Best in Fiction (Kompasianival Award 2016) | Admin Rumah Pena Inspirasi Sahabat

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Pantai Mekaki, Permata Lombok Barat yang Harus Kamu Kunjungi

18 November 2021   15:43 Diperbarui: 18 November 2021   19:04 294 38 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Pantai Mekaki yang Melengkung Seperti Sabit Sumber: brisik.id

Permata itu bernama Pantai Mekaki. Keindahan pantai yang terletak di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat ini memang pantas disebut sebagai permata. Berbeda dengan pantai lain yang terkadang akrab dengan hiruk-pikuk, Pantai Mekaki adalah pilihan tepat untuk mencari ketenangan, mengusir kepenatan, serta menemukan kedamaian.

Memang, Pantai Mekaki tidak sepopuler Pantai Senggigi atau Pantai Kuta Lombok (Mandalika). Namun, siapa yang bisa menampik pesonanya? Menyajikan panorama hamparan laut luas, pasir putih, dan perbukitan, Pantai Mekaki benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantai yang berada sekitar 67 km dari Mataram ini layak menjadi tujuan wisata favoritmu saat mengunjungi Lombok.

Ilustrasi: Jalan Mekaki-Buwun Lombok Sumber:  youtube.com (Indah Alami)
Ilustrasi: Jalan Mekaki-Buwun Lombok Sumber:  youtube.com (Indah Alami)

Sepanjang perjalanan menuju pantai, kamu dapat menikmati panorama alam berupa rimbun pepohonan, perbukitan, persawahan, hingga peternakan. Jalan yang berada di daerah perbukitan menyajikan pemandangan dataran tinggi yang memanjakan mata. Ketika mulai mendekati pantai, kehadiran pulau-pulau kecil, yaitu Gili Gede, Gili Nanggu, dan Gili Penyu akan menyambutmu. Sebagai salah satu Wonderful Indonesia, Pantai Mekaki memang sungguh menawan.

Tengah hari adalah waktu terbaik untuk menikmati langit biru cerah khas panorama pantai di Pantai Mekaki. Semilir angin akan menemani langkahmu di sepanjang pesisir pantai yang bersih. Garis pantai yang tampak lengkung seperti bulan sabit akan membuatmu terpesona. Ketika memandang ke arah laut, air jernih kebiruan berpadu buih ombak semakin menambah keindahan pantai ini.

Ilustrasi: Warna Biru Laut, Pasir Putih, dan Perbukitan Sumber: theclassicwanderer.com
Ilustrasi: Warna Biru Laut, Pasir Putih, dan Perbukitan Sumber: theclassicwanderer.com

Jika kamu ingin berteduh sejenak dari cahaya matahari, barisan nyiur rindang sudah menanti. Sambil beristirahat, air kelapa muda yang dijual oleh penduduk setempat akan memuaskan dahagamu. Setelahnya, kamu bisa naik ke perbukitan untuk menyaksikan lebih jelas lengkung pantai dan mengabadikan keindahan panorama dalam bidikan kamera. Ketika pantai mulai surut, kamu bisa mencari ikan, kerang, dan hewan laut lainnya. Jangan buru-buru pergi, karena keindahan panorama senja di pantai ini  patut untuk kamu nantikan.

Ilustrasi: Ketika Air Laut Surut di Pantai Mekaki Sumber: kliknusae.com
Ilustrasi: Ketika Air Laut Surut di Pantai Mekaki Sumber: kliknusae.com

Sesungguhnya, sebagai salah satu wisata andalan di Sekotong, pesisir Pantai Mekaki yang panjang dan relatif luas cocok untuk melakukan kegiatan running. Karena itulah kawasan pantai yang dikelilingi perbukitan ini memiliki potensi yang besar untuk destinasi sport tourism. Salah satu event olahraga yang sukses digelar di pantai ini adalah Mekaki Marathon 2018 yang digelar pada bulan Oktober tahun 2018.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan