“Pedagang tidak harus cerdik dan memiliki otak yang cerdas. Yang diperlukan adalah keberanian untuk menghadapi tantangan apa pun yang akan datang.” Ann Wan Seng
Pedagang ataupun pengusaha dalam memulai usahanya memang selalu dituntut untuk siap dan berani dalam mengambil resiko, siap dalam menghadapi tantangan dan ancaman baik pasar maupun faktor luar, serta mempersiapkan strategi untuk menghadapi para pesaing.
Pada intinya adalah mereka harus berani melangkah meskipun diawali dengan usaha kecil atau menengah dengan omset seadanya namun hal tersebut menjadi modal awal bagi seseorang yang berniat mengembangkan sayap di dunia usaha.
Namun bagaimana dengan persaingan yang semakin ketat dari masa ke masa? Apakah usaha-usaha kecil akan berkembang di tengah-tengah pasar yang begitu besar dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi? Hal ini tentu menjadi pertanyaan yang penting bagi seseorang yang memulai usaha kecil-kecilan. Oleh karena itu diperlukan faktor untuk mengembangkan usaha-usaha tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi masa kini.
Zaman yang berkembang sangat cepat membuat segala aspek kehidupan ikut berubah mengikuti pergerakan teknologi yang kian cepat. Teknologi yang dikembangkan di luar negeri pun dapat kita nikmati dan kita gunakan saat ini mengingat penjualannya yang dilakukan dengan sangat mudah dan murah serta pendistribusiannya telah menembus hingga ke berbagai negara baik negara maju maupun negara-negara berkembang.
Pengglobalisasian dalam bidang ini akan mempermudah setiap orang berhubungan dengan pihak lain, komunikasi dapat dilakukan tanpa ada batasan waktu atau batasan wilayah dan dapat dilakukan tidak hanya dengan orang-orang dalam negeri namun juga orang-orang yang berada di luar negeri. Hal ini pastinya akan membantu orang-orang dalam memperluas pertemanannya.
“Penting bagi pedagang untuk memiliki pemikiran yang dinamis karena dapat membantu mereka melihat dunia perdagangan secara menyeluruh dan tidak terbatas pada lingkungan sekitar saja.” Ann Wan Seng
Bagi produsen usaha kecil, tentu perlu meningkatkan usahanya untuk bersaing di dunia luar dengan memperluas jaringan usahanya sehingga tidak hanya terbatas pada lingkungan sekitar atau dalam negeri saja. Perkembangan teknologi justru dapat menjadi jalan untuk memperbesar usaha mereka hingga pasar internasional.
Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang semakin canggih kita dapat menambah relasi tanpa harus bepergian jauh ke tempat dimana orang itu berada, cukup dengan membuat komunikasi yang praktis dan efisien dengan orang-orang melalui website, blog atau media social yang sangat banyak jenisnya. Dan dengan teknologi yang semakin maju produsen usaha kecil dapat dengan mudah mempromosikan secara online barang-barang apa saja yang ditawarkan dan setiap orang di seluruh dunia dapat mengakses usaha yang sedang dijalankan. Disinilah peran globalisasi dalam bidang teknologi sangat jelas pengaruhnya dan bermanfaat bagi para produsen usaha kecil untuk mengembangkan usahanya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI