Mohon tunggu...
Fitri Ana Siregar
Fitri Ana Siregar Mohon Tunggu... Honest, Humble and Helpful

Saya Fitri Ana Siregar, perempuan kelahiran ’95 seorang yang terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik, memaknai hidup adalah ibadah dan belajar menjadi insan yang bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Emas Memancarkan Kemilaunya

4 Agustus 2020   17:10 Diperbarui: 4 Agustus 2020   17:08 28 2 0 Mohon Tunggu...

Peran emas dalam ekonomi Indonesia adalah sebagai investasi dan cadangan devisa. Hari ini investasi emas sangat penting untuk jangka panjang. Pasalnya emas merupakan investasi yang tak lekang oleh waktu dan nilainya stabil. Di abad ke-21 ini harga emas mencapai rekor tertingggi. Dilansir dari laman PT. Aneka Tambang (ANTAM) 4 agustus 2020 harga emas per gram Rp.1.029.000,00. 

Harga emas mencapai rekor tertinggi dipengaruhi oleh pandemi yang berdampak pada ketidakpastian kondisi ekonomi global. Kondisi ini mendorong para investor untuk memilih emas sebagai instrumen investasi lebih aman (safe haven) artinya, emas dijadikan cadangan aset agar tak tergerus inflasi dan menjaga dari kepanikan gejolak keuangan dunia. 

Emas juga tidak terpengaruh pada pergerakan saham, jadi pada saat nilai saham lesu, investor mengalihkan portofolio ke emas. Investasi dalam emas diharapkan memberikan return yang tinggi. Tingginya return yang didapat akan membantu peningkatan pendapatan masyarakat.

Harga emas selalu menunjukan tren meningkat karena permintaannya semakin banyak. Harga emas diperkirakan akan terus mengalami kenaikan hingga akhir tahun 2020 dikarenakan pandemi yang melanda dunia dan belum ditemukannya penawar Covid-19 menimbulkan kekhawatiran para pelaku pasar. 

Ditambah lagi tahun ini akan diadakan pemilihan presidan AS yang berdampak pada ketidakpastian pasar dan perang dagang AS -- China yang tak kunjung reda menyebabkan risiko perekonomian global meningkat. Walau harga emas diperkirakan akan terus mengalami kenaikan masyarakat dan para investor harus memperhatikan pergerakan harga emas untuk meminimalisir kerugian ke depan.  Ketika ekonomi sudah stabil harga emas tidak akan naik secara signifikan. Dan para investor akan kembali pada investasi saham dan diseimbangi dengan emas untuk menjaga likuiditas.

VIDEO PILIHAN