Mohon tunggu...
Fitria Khoirunnisa
Fitria Khoirunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Merosotnya Perekonomian Masyarakat Kudus di Tengah Pandemi Covid-19

23 Oktober 2021   12:16 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:33 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Abstrak

Merosotnya perekonomian masyarakat Kudus menjadi salah satu dampak yang disebabkan oleh adanya pandemi covid-19. Hal ini menjadikan masyarakat mengalami penurunan pendapatan dan bahkan pengangguran karena telah di PHK dan belum bisa mencari pekerjaan yang baru dikarenakan minimnya lowongan tenaga kerja terlebih di tengah pandemi covid-19. Sehingga masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan maksimal.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan ekonomi masyarakat Kudus, Jawa Tengah di tengah pandemi covid-19 serta untuk mengetahui bagaimana solusi yang harus dilakukan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan dan wawancara terhadap beberapa masyarakat di sekitar wilayah Kudus, Jawa Tengah terutama terhadap pedagang dan buruh.

Hasil dari penelitian ini adalah masih kurangnya penghasilan yang didapatkan warga masyarakat di wilayah Kudus, Jawa Tengah. Warga masyarakat mengalami keresahan dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup dan membayar tunjangan-tunjangan wajib lainnya karena semakin turunnya penghasilan yang didapatkan di tengah pandemi covid-19 seperti ini. Serta beberapa warga masyarakat menjadi pengangguran karena terkena PHK.

Kata Kunci : Perekonomian, dampak pandemi covid-19, pendapatan, penghasilan, PHK.

Isi/Pembahasan

Pada masa pandemi covid-19 seperti ini, tentunya menimbulkan dampak yang sangat signifikan bagi masyarakat Indonesia, salah satunya bagi masyarakat Kudus, Jawa Tengah yang ikut terkena dampaknya. Apalagi tingkat kasus covid-19 di Kudus kemarin sempat sangat melonjak daripada daerah lainnya. Hal ini mengakibatkan pemerintah daerah Kudus, Jawa Tengah semakin menggalakkan kebijakan PPKM di Kudus dengan ketat. Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 ini sangat beragam aspeknya, mulai dari aspek ekonomi, politik, pendidikan, sosial budaya, dan sebagainya. Terlebih dalam aspek ekonomi, hal ini menjadi dampak yang sangat berpengaruh bagi masyarakat Kudus, Jawa Tengah. Masyarakat Kudus terutama yang berprofesi sebagai pedagang mengeluh karena pendapatan yang didapatkan dari hasil jualannya tidak stabil dan bahkan sangat merosot. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus Rahmadi Agus menyatakan, pengaruh pandemi covid-19 di bidang ekonomi sangat luar biasa. Pada 2020 Kabupaten Kudus mengalami konstraksi penurunan ekonomi -3,03 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi pada 2019 2,45 persen.

”Hampir semua kabupaten/kota mengalami konstraksi (saat pandemi). Ada beberapa daerah yang di bidang pertanian tak berpengaruh, tapi di daerah industri turun,” katanya.

Adanya kebijakan PPKM dan penutupan jalan di beberapa daerah di Kudus menyebabkan pasar menjadi sepi pengunjung, sehingga pendapatan yang didapatkan para pedagang menjadi berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan