Mohon tunggu...
Fitria Anggraini
Fitria Anggraini Mohon Tunggu... Ftriaa

Jangan lupa bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Lebih Dekat dengan Prodi Sistem Informasi

25 November 2020   23:05 Diperbarui: 25 November 2020   23:29 18 0 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali pertanyaan seputar Sistem Informasi seperti, apa bedanya sistem informasi dengan teknik informatika? bagaimana prospek kerja prodi sistem informasi? Apa saja yang dipelajari di sistem informasi? lalu, Kenapa kok harus pilih sistem informasi? 

nah...... daripada galau mari kita kupas mengenai prodi sistem informasi

yang pertama, apa bedanya sistem informasi dan teknik informatika?

Pada sistem informasi, mengabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Sistem informasi lebih fokus pada bagaimana menggunakan teknologi informasi, khususnya untuk meningkatkan atau membantu proses bisnis dalam sebuah porporasi atau sebuah organisasi. Intinya adalah bagaimana sistem informasi itu bisa digunakan untuk memberikan efisiensi atau efektifitas dalam proses bisnis kesehariannya. 

Dalam sistem informasi lebih menekannkan bagaimana kemampuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah sistem agar sistem tersebut dapat di implementasikan dalam sebuah organisasi, sehingga akan mendapatkan efisiensi dan progensi dalam proses bisnisnya. Prodi sistem informasi di Indonesia, mungkin untuk  level Diploma 3 itu biasanya namanya adalah Manajemen Informatika, sedangkan kalau S1 adalah Sistem Informasi. Lalu pada jenjang S2 adalah Magister Manajemen Sistem Informasi atau gelarnya MMS.

Pada teknik informatikan, mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah tranformasi atau pengolahan data, dan proses logika. Pada intinya lulusan informatika akan menjadi programmer. Seperti mengembangakan  komputer vision, robotika,  dan juga berbagai macam jenis algoritma komputasi. 

kedua, bagaimana prospek kerja lulusan prodi sistem informasi?

lulusan prodi sistem informasi dapat bekerja di berbagai perusahaan disemua sektor. Hal ini dikarenakan semua perusahaan modern telah menggunakan IT pada proses bisnisnya. 

Namun lebih spesifiknya lulusan prodi sistem informasi diharapkan dapat mengambil peran sebagai IS Developer yaitu sebagai sistem analis dan programmer, konsultan dan sistem integrator yaitu sebagai konsultan IT, database spesialis seperti database analis dan database administrator, dan ada akademisi SI yaitu sebagai dosen atau peneliti. 

ketiga, Apa saja yang dipelajari di sistem informasi?

Pada sistem informasi, spesifiknya mempelajari gabuang dari ilmu sains dan sosial. Gabungan dari teknologi informasi, ilmu komputer, dan ilmu managemen bisnis. Atau bisa disebut juga gabungan dari teknik industri dan teknik informatika. Sehingga tidak masalah jika ada jurusan IPS masuk prodi sistem informasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN