Mohon tunggu...
Fitri Sagitaria
Fitri Sagitaria Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Seseorang yang baik dimata orang yang menyukai, dan buruk dimata orang yang membenci.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

EDUKASI LEADERSHIP : UPAYA MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN PADA SISWA SMP KP CICALENGKA

10 Agustus 2022   15:21 Diperbarui: 10 Agustus 2022   16:50 194 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai salah satu lembaga Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia tepat pada Minggu, 10 Juli 2022 menyelenggarakan sosialisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti oleh 7.200 mahasiswa dengan pelaksanaan kegiatan tanggal 11 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022. 

Kegiatan KKN UPI tahun ini mengusung tema "Partisipasi Mahasiswa dalam Menguatkan dan Meningkatkan Program SDG'S Desa dan Rekognisi MBKM-Puspresnas Kemdikbudristek". Terdapat 17 poin SDG'S untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang salah satu programnya adalah Desa Peduli Pendidikan (Desa Pendidikan Sepanjang Hayat).

Konsep Long Life Education (pendidikan seumur hidup) memiliki arti bahwa selama hidupnya seorang manusia terus-menerus belajar hingga napas terhenti. 

Konsep tersebut menjelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seseorang untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Semakin bertumbuh dan berkembang seseorang, tentu akan memberikan banyak manfaat terutama bagi dirinya sendiri juga untuk kemajuan negeri.

Pada Februari 2022, pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan Nadiem Makariem telah mengeluarkan putusan bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas pada satuan pendidikan. 

Sementara dibeberapa wilayah yang termasuk ke dalam zona hijau, sekolah sudah memasuki fase normal baru di bulan Juli 2022 atau pada tahun ajaran baru. Tentu saja masa transisi ini memberikan tantangan tersendiri baik bagi peserta didik maupun satuan pendidikan. Salah satunya adalah SMP Karya Pembangunan (KP) yang memulai kembali untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan kepramukaan bagi siswa/siswi kelas 7.

Kegiatan pelantikan pramuka di SMP KP ini dilaksanakan pada 30 -- 30 Juli 2022. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pembina dan pelatih pramuka, kegiatan tersebut pertama kalinya dilakukan kembali setelah 2 tahun terhenti akibat wabah Covid-19. Mereka pun mengungkapkan belum memiliki perencanaan yang sangat matang dalam pelaksanaannya, terutama berkaitan dengan acara kegiatan itu sendiri. 

Oleh karena itu, kami kelompok 99 KKN UPI membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan ikut berkontribusi menyumbangkan gagasan, inovasi, serta terlibat langsung untuk kelancaran acara  yang salah satunya diisi dengan kegiatan Edukasi Leardership bagi siswa/siswi SMP KP CIcalengka, Jawa Barat.

Hakikatnya, setiap manusia adalah leader (pemimpin) untuk dirinya sendiri. Bagaimana kita bertanggungjawab, memanajemen hati dan pikiran, serta bertindak, semuanya ditentukan oleh diri sendiri. Sebagai seorang pelajar, menjadi pemimpin yang ideal bagi diri sendiri adalah hal yang sangat penting dalam mendorong proses bertumbuh dan berkembang. 

Apalagi, bagi mereka yang ditugaskan untuk menjadi pemimpin di suatu lingkup organisasi, pemahaman tentang leardership (kepemimpinan) ini sangatlah esensial untuk dipahami dan diaktualisasikan dalam  kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan