Mohon tunggu...
Kuliner

"Ah Poong" Bisa Menjadi Sarana Liburan Keluarga Ramah Usia

1 Maret 2019   10:25 Diperbarui: 1 Maret 2019   11:05 22 0 0 Mohon Tunggu...

Pemburu kuliner dapat datang ke Ah Poong untuk mencoba varian kuliner Nusantara. Terdapat dua puluh enam vendor mengisi tempat duduk panjang tanpa sekat untuk bercengkrama. Sekitar 150 makanan manca negara berada di bibir sungai Cikeas bersemanyam dari bale-bale bambu. 

Lampion menggantung memberi keakraban dan kehangatan. Ah Poong adalah floating market, sekaligus tempat wisata hiburan keluarga. Kini merupakan kuliner terlengkap dan terbesar di Bogor, Jawa Barat. 

Lokasi Ah Poong di dekat pintu tol Jagorawi, tepatnya di Jl. Ir H Juanda, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor. Membawa pengunjung melewati sungai Cikeas yang mengalir deras di bawah jembatan bambu ketika tiba. Menggantungkan simbol betapa bambu merupakan alat bersejarah bagi Jawa Barat.

Wilayah seluas 2 hektar sudah melingkupi semua tempat hiburan dan parkiran umum. Tak seperti tempat hiburan pada umumnya yang jauh dan meletihkan, Ah Poong tampil ramah untuk pengunjung semua usia. Harga parkiran dipatok berkisar lima ribu rupiah. Harga tiketnya sendiri senilai sepuluh ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan? 

Maka apabila pengunjung membludak memarkir kendaraan di Mall Bellanova Country bersampingan dengan Ah Poong. Sekitar 48,6 kilometer dari Jakarta dekat dengan suasana alam sungai Cikeas dan nuansa pemandangan hijau. Tanpa melalui lintasan berkelok di lokasi itu. Buka dari Senin sampai Minggu pukul 10.00-22.00 WIB.

Ah Poong diperuntukan untuk semua kalangan. Mulai dari wahana untuk bermain anak, tempat bersantai dengan berbagai sajian kuliner serta sarana edukasi. Setelah pembelian tiket, terlebih dahulu bagian terdepan dari arah selatan pengunjung melewati Eco Art Park. Sebuah taman tematik bergabung dengan patung yang tersebar di titik tertentu. 

Super hero pun menyambut kedatangan jadi ajang perkenalan kepada para anak. Tumbuhan diberi nama pada papan menempel untuk mengulas pengetahuan taman itu. Fasilitas itu baru sebagian untuk mengisi sosial media anda. Biasanya, para pengunjung berfoto ria saat melewati alur jembatan berbalut rongga-rongga dari besi tampak mencengkram lingkungan Ah Poong.

Beberapa makanan hasil rekomendasi dapat menjadi referensi saat berkunjung, seperti nasi Langgi sarat gurih dengan adanya perpaduan santan, Hainnase Chicken dengan godokan kaldu, Snow Ice Singapore dari berbagai variasi rasa buah. Kuliner varian khas cita rasa Nusantara pun dapat menjadi pilihan, seperti Sop Konro, Kue Putu Bambu, Lontong Medan, Es Goyobod, dan Baso Malang. Pembayaran melalui kartu yang tersedia pada counter pembelian kartu. 

Hal ini untuk memudahkan pembelian makanan agar tidak perlu bolak-balik tetapi langsung top up kartu. Uang sisa pembelian dapat dikembalikan sesuai saldo di dalam kartu.

Beberapa fasilitas hiburan anak-anak dibuat inovatif untuk kebutuhan eksperimen, seperti permainan panahan. menunggang kuda poni, bola air, dan pancing ikan. Orang dewasa juga dapat menikmati perahu sampan di danau buatan dari aliran air Cikeas, atau ada permainan lebih ekstrim untuk orang dewasa seperti arum jeram di sungai Cikeas.

Lokasi didesain teratur dan modern, Ah Poong tidak membuat pengunjungnya berada pada satu titik. Tempat makan mengapung seperti sebuah kafe modern menjadi tempat pengganti mengopi bersama keluarga, atau sekadar duduk-duduk di bangku yang tersedia tanpa berkewajiban menaiki seluruh wahana. Letak stategis dapat memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menjangkaunya.

VIDEO PILIHAN