Mohon tunggu...
Firyal Rohadatul
Firyal Rohadatul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Smile to the world even they hurt you

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

27 poin petunjuk umum dan contohnya

26 September 2022   21:41 Diperbarui: 29 September 2022   16:36 158 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Mendengar
Definisi Mendengar adalah suatu tindakan atau kemampuan manusia dalam memahami bunyi atau suara ketika berkomunikasi maupun tidak berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi ada beberapa manusia yang tidak memiliki kemampuan untuk mendengar.
Contoh: seseorang yang memahami suara orang lain ketika berkomunikasi dengan orang tersebut.

2. Berbicara
definisi : berbicara adalah salah satu sarana untuk berkomunikasi yang mengutamakan aspek artikulasi, intonasi, perasaan, ide/gagasan, serta memanfaatkan faktor (internal dan eksternal).
Contoh : bertukar pikiran, menyampaikan pengumuman, bertelepon, memberi nasihat

3. Membaca
Definisi: membaca bukan hanya berarti dapat mengerti gabungan dari alphabet yang rangkai di dalam sebuah kalimat, akan tetapi membaca mengerti paham betul dan dapat mengerti makna yang ada didalam sebuah bacaan.
Contoh: pak dodi dapat membaca secara benar tentang berita terkini politik indonesia karena pak dodi dapat memahami maksud dan makna dari bacaan berita tersebut, dan adik hanya dapat membaca tanpa benar benar membaca karena adik tidak dapat memahami betul makna daripada bacaan berita tersebut.

4. Menulis
Definisi: Menurut saya definisi menulis adalah meluapkan suatu ide yang berada di pikiran, ke dalam sebuah tulisan atau catatan,  dan bisa juga di definisikan suatu ungkapan dari perasaan seseorang, yang akan di cerna oleh orang lain yang membacanya. Kegiatan menulis ini yang biasa dilakukan seorang pelajar  maupun seseorang yang tidak bisa mendengar.
Contoh: menulis untuk menyusun kalimat, puisi, karya ilmiah, artikel dan membuat suatu karya tulis menjadi suatu film.

5. Membaca sebagai sara utama
Definisi : Membaca sangatlah berkaitan dengan menulis, itulah mengapa membaca disebut sebagai sarana utama. Penulis pun sudah pasti membutuh kan ide ide baru untuk bahan tulisan,
Karna dengan membaca seseorang penulis akan bisa mendapatkan informasi, bahan dan, referensi penting tentang materi apa yang akan ia tulis.
Contoh : ketika saya ingin menulis buku tentang biografi, pasti saya akan membaca buku buku penulis biografi terkenal untuk di jadikan referensi dan contoh untuk penulisan buku tersebut.

6.latar belakang informasi
Definisi : Latar belakang informasi di gunakan untuk menjelaskan informasi apa saja yang terdapat di dalam nya, latar belakang informasi juga menjadi dasar untuk pemahaman kepada pembaca maupun pendengar. Seorang penulis yang mempunyai latar belakang informasi yang luas akan mudah membuat kata-kata yang mudah di cerna oleh pembaca atau pendengar dan tulisan akan menjadi lebih menarik.
Contoh= 17 Agustus adalah hari yang paling di tunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali seluruh Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada hari itu masyarakat Indonesia berbahagia bersama menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia dengan cara mengadakan lomba-lomba.

7. well-ronded man
Definisi: well-ronded man adalah seorang penulis yang memiliki kemiripan dengan citra dalam wawasan pendidikan liberal, yaitu orang yang di ibaratkan seperti bola yaitu bulat yang sempurna yang bisa bergulir kemanapun dan di mana pun tempatnya. Berarti well-rounded man adalah orang yang memiliki pengetahuan atau wawasan yang sangat luas entah itu di dalam keahlian bidang nya maupun di bidang bidang yang lain atau disebut orang yang menguasai di segala bidang nya dan itu semua di karena kan banyak nya membaca
Contoh: yaitu orang yang bisa mengerjakan di semua bidang atau di sebut dengan orang yang multi fungsi di segala bidang apapun.

8. Penulis harus peka
   Definisi: Jadi penulis tuh harus tau, memahami, dan paham tentang apa yang akan ia tuangkan dalam tulisan atau kata apa yang akan terbentuk sebagai kalimat. Harus memahami dan paham sebagaimana melihat dari bahasan ide yang nanti nya ia gagaskan dan juga kata atau kalimat yang tertulis tidak berbelit-belit dan isinya itu sebisa mungkin lebih banyak dari pada prolog agar pembaca tidak mudah bosan dan tidak menyesal membaca tulisan yang si penulis karang.
Contoh: Selesai mengikuti kajian islami si pendengar menceritakan kembali ilmu yang didapat kepada temannya dan temannya menjawab "Istiqomah? Masya Allah ilmu yang kamu dapat sangat bermanfaat bagiku".

9. Copy the master
   Definisi: Strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan daya imajinasi siswa dalam menulis. Berimajinasi merupakan kebutuhan alamiah dan bukan bentuk kemalasan.
Contoh: Kita meniru ide, cara menulis, teknik atau pengalaman yg dimiliki oleh master/ahli menulis yg mana dalam artian disini meniru bukan berarti menjimplak melainkan sebagai motivasi untuk diri kita agar memberikan pengalaman yang baik dan imajinasi yang luas dalam menulis sebuah tulisan.

10. Tulis ulang
   Definisi: Cara kita berkomunikasi dengan menyampaikan 'pesan' yang ingin kita sampaikan melalui tulisan setelah kita mendapatkan informasi mengenai sesuatu.
Contoh: Tulis ulang apa yang sudah temen kamu bicarakan/merangkum apa yang sudah dijelaskan kepada pembaca supaya lebih memahami.

11. Panjang tulisan
   Definisi: Ukuran kita menulis yaitu selama kita masih memiliki banyak ide, teruslah menulis. Jika ide belum habis tapi kita berhenti menulis, tulisan kita akan banyak kurangnya. Menulis lah sesuai ide yang anda punya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan