Mohon tunggu...
Firsta VheKarvina
Firsta VheKarvina Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Healty & Travelling

travelling and nature

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Cerita Bunga Plastik Handicraft Go Digital Bersama JNE: UMKM Bertumbuh Pesat, Ekonomi Bertambah Kuat

29 Januari 2022   11:18 Diperbarui: 29 Januari 2022   11:20 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Usaha pembuatan kerajinan bunga hias dari kantong plastik 

Menilik kembali cerita perjalanan para pemilik usaha dan UMKM genap dua tahun sejak masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia. Bukan perjuangan yang mudah terlebih pada awal masa pandemi  yang menyebabkan terhambatnya sebagian besar  aktivitas, yang berdampak pada sektor ekonomi. Survei BI tahun 2021 menyebutkan bahwa 87,5% UMKM Indonesia terdampak pandemi Covid-19 dari sisi pendapatan, laba, dan arus kas. Dan disebutkan  bahwa 27,6% dari 12,5% responden yang tidak terdampak ekonomi, justru mengalami peningkatan penjualan, dimana peningkatan penjualan tersebut didukung dengan strategi penjualan secara online dan menambah variasi produk.

UMKM memegang peranan penting dalam ketahanan perekonomian Negara. Berdasar data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dan berkontribusi menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada. Akibat adanya pandemi Covid-19, aktivitas UMKM yang menurun turut menyebabkan lesu nya perekonomian di Indonesia. Namun, seiring berjalan waktu dan adaptasi aktivitas di tengah pandemi, telah terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa dari offline menjadi online. Hal ini didukung dengan meningkatnya penduduk Indonesia yang melakukan transaksi secara digital. Sehingga dengan adanya perubahan pola konsumsi tersebut, telah mendorong terbentuknya UMKM Go Digital, dan hasilnya telah menunjukkan nilai positif yaitu sebanyak 84% UMKM dapat beraktivitas  kembali.

UMKM Go Digital mampu memperluas jangkauan usaha didukung dengan adanya platform jual beli dan media sosial, sehingga mendorong pemulihan ekonomi dan bertumbuhnya UMKM. Jangkauan yang luas membutuhkan perantara yang menghubungkan produk dengan konsumen. JNE sebagai perusahaan penyedia jasa pengiriman ternama di Indonesia, telah memegang fungsi penting dalam mengisi peranan tersebut. Dengan adanya UMKM Go Digital, UMKM dapat memasarkan produk dengan mudah hingga ke berbagai wilayah Indonesia. Hal ini cukup menguntungkan melihat cakupan konsumen yang lebih banyak didapatkan apabila pemasaran meliputi wilayah yang lebih luas. JNE mendorong bertumbuhnya UMKM Go Digital dengan jaringan nya yang luas, sehingga dapat menjangkau hingga berbagai daerah di Indonesia, dan memudahkan konsumen untuk mendapatkan berbagai produk yang dibutuhkan.

Adanya UMKM Go Digital dan jasa pengiriman terpercaya seperti JNE, sangat membantu UMKM untuk bangkit di tengah keterpurukan yang terjadi akibat pandemi. Salah satu UMKM yang turut merasakan dampak positif dari adanya UMKM Go Digital dan jasa pengiriman JNE adalah usaha kami, yang tengah mengembangkan produk kerajinan berbahan dasar plastik untuk dijadikan bunga hias.

Pembuatan bunga plastik bersama para pemuda (dokpri)
Pembuatan bunga plastik bersama para pemuda (dokpri)

Usaha ini mulai dirintis pada awal tahun 2021, yang berawal ketika saya mengunjungi bank sampah. Dari kunjungan tersebut, terbesit sebuah ide untuk mengembangkan usaha pembuatan kerajinan, setelah melihat sebuah bunga plastik yang terpajang di bank sampah tersebut. Kami  melakukan percobaan dan latihan untuk membuat bunga dari kantong plastik. Setelah dirasa berhasil membuat produk yang layak dijual, kami mengajak beberapa pemuda dan ibu rumah tangga di sekitar rumah kami untuk belajar membuat bunga dari kantong plastik. Hasil kerajinan tersebut akhirnya dicoba untuk dipasarkan melalui media sosial, dan respon dari pengguna media sosial pun cukup mengejutkan. Kerajinan bunga plastik handmade yang dikerjakan oleh usaha kami mendapatkan perhatian yang  tinggi dari konsumen ketika dipasarkan secara online. 

Selama kegiatan jual beli, tentu kami menemui beberapa konsumen yang berasal dari lokasi yang jauh, sehingga perlu adanya peran serta jasa kirim dalam kegiatan usaha kami. Dalam proses pengiriman produk, kami dan konsumen mempercayai JNE sebagai jasa pengiriman, karena mudah ditemukan di sekitar lokasi usaha kami meskipun tempat produksi berada di daerah pedesaan. Berkat adanya JNE, usaha milik kami dapat dipasarkan secara online tanpa khawatir akan kendala pengiriman dimanapun lokasi konsumen kami berada. Selain itu, kami memilih jasa pengiriman barang JNE karena telah kami percaya dari pengalaman-pengalam kami menggunakan jasa JNE yang tidak pernah mengecewakan.

Produk hasil kerajinan bunga dari plastik (dokpri)
Produk hasil kerajinan bunga dari plastik (dokpri)

Sebagai pelaku UMKM, jasa pengiriman dalam proses jual beli menjadi faktor penting yang menentukan kepuasan konsumen, baik dalam hal pelayanan, dan ketepatan pengiriman. Perjalanan 31 tahun JNE telah menjadikannya sebagai jasa pengiriman terbaik yang banyak dipilih oleh UMKM dan konsumen, karena telah dipercaya mampu memberikan pelayanan yang ramah, cepat, serta proses pengiriman yang tepat dan aman. Kami berharap, usaha kecil kami dan seluruh UMKM di Indonesia dapat terus bertumbuh bersama JNE untuk hari ini, esok, dan seterusnya.

JNE31tahun   JNEMajuIndonesia   #jnecontentcompetition2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun